Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 14 Maret 2014

Jenis molekul dasar karbohidrat

Pada fungsi karbohidrat, tersusun molekul dasar karbohidrat yang terbagi dari jenis gula yang menyusunnya. Berikut ini jenis karbohidrat yang terdapat pada makanan :

  • Monosakarida (C6H12O6)
    Monosakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri dari satu gugus gula yang bersifat mudah larut dalam air dan memiliki rasa yang manis.Contohnya : heksosa,glukosa,fruktosa,galaktosa,monosa,ribosa(penyusun RNA) dan deoksiribosa(penyusun DNA).
  • Disakarida (C12H22O11)
    Disakarida terdiri dari dua gugus gula, contoh gabunga dari disakarida adalah laktosa (gabungan antara glukosa dan galaktosa), sukrosa(gabungan antara glukosa dan fruktosa) dan maltosa(gabungan antara dua glukosa). Sifatnya mudah larut dan masih terasa manis.
  • Polisakarida (C6H11O5
    Polisakarida mengandung banyak gugus gula diantaranya terdiri dari 10 gugus gula. Berbeda dengan jenis karbohidrat yang lain, polisakarida tidak berasa atau pahit dan sifatnya sulit larut dalam air. Contohnya adalah amilum ( terdiri dari 60-300 gugus gula berupa glukosa,glikogen atau gula otot yang tersusun dari 12-16 gugus gula) dan selulosa,pektin,lignin,serta kitin yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan gugus gula dan senyawa lain.