Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 14 Maret 2014

Berbagai macam fungsi karbohidrat

Fungsi karbohidrat sebagai sumber energi ini, sebenarnya merupakan proses ilmiah yaitu hasil sintesis dari CO2 dan H2O, sehingga memiliki zat organik karbon, hidrogen dan oksigen. Unsur kimia pada karbohidrat ini yang membentuk zat karbon yang diikat dengan air yang membuat karbohidrat pada umumnya terasa manis yang disebut gula atau sakar.

Pada dasarnya di dalam tubuh ada 3 elemen utama sumber energi, selain karbohidrat yaitu pada fungsi lemak dan protein dari makanan yang kita makan, namun karbohidrat termasuk sumber energi yang murah. Fungsi karbohidrat bagi tubuh, diantaranya :

  • Setiap gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori yang digunakan untuk keperluan energi oleh hati dan jaringan otot sebagai glikogen, pada sirkulasi darah sebagai glukosa dan sisanya disimpan sebagai cadangan energi.
  • Berperan dalam proses metanolisme, yaitu proses untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, pembentuk struktur sel, jaringan serta organ tubuh
  • Fungsi protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Jika kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi makan akan mengambil protein sebagai cadangan energi sehingga protein tidak akan melaksanakan tugas utamanya sebagai zat pembentuk tubuh.
  • Karbohidrat akan mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna untuk mengatur  metabolisme lemak dalam tubuh.
  • Memudahkan proses pencernaan makanan
  • Mengoptimalkan penyerapan kalsium
  • Karbohidrat digunakan untuk komponen dalam meyusun gen pada inti sel yang penting dalam pewarisan sifat (keturunan). Gen terdiri dari asam deoksiribunukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA) yang merupakan karbohidrat beratom C lima.