Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Minggu, 23 Februari 2014

Manfaat mengkonsumsi ikan bagi tubuh manusia

Setiap orang memiliki keinginan untuk selalu hidup sehat dari waktu ke waktu namun, bayang-bayang permasalahan penyakit seakan menghantui. Berbagai penyakit parah seperti penyakit jantung atau kanker sangat ditakuti, apalagi pada orang yang sudah berusia lanjut. Hal tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, mengkonsumsi makanan sehat seperti manfaat mengkonsumsi ikan yang mampu menekan resiko penyakit-penyakit berbahaya, seperti di bawah ini :

  • Mencegah serangan jantung
    Food Standards Agency merekomendasikan setidaknya dua porsi dalam seminggu untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan laut, salah satunya ikan berminyak. The British Heart Foundation mengatakan makan ikan berminyak dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesempatan tubuh untuk bertahan hidup setelah serangan jantung. Mengkonsumsi ikan ini akan menurunkan kadar lemak yang disebut trigliserida dalam darah yang berhubungan dengan resiko penyakit jantung. Manfaat minyak ikan juga akan membantu mengurangi pembekuan darah dan detak jantung yang abnormal setelah serangan jantung.
  • Alzheimer
    Penyakit alzheimer merupakan salah satu gangguan fungsi otak yang menyebabka kepikunan. Studi telah membuktikan bahwa orang tua yang makan makanan laut atau ikan sedikitnya sekali seminggu, memiliki risiko jauh lebih rendah untuk mengembangkan demensia, manfaat mengkonsumsi ikan juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi, yang terkait dengan demensia tersebut. Asam lemak tak jenuh ganda banyak ditemukan pada ikan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel otak.
  • Menghindari kanker
    Sebuah penelitian di Swedia pada 6000 laki-laki selama periode 30-tahun menunjukkan bahwa mereka yang tidak makan ikan memiliki risiko untuk mengembangkan kanker prostat, dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah sedang atau besar. Jenis-jenis makanan laut seperti kerang, kepiting dan lobster mengandung selenium yang diperkirakan memiliki sifat untuk melawan sel kanker berkembang pada tubuh.
  • Radang sendi
    Kelompok penduduk yang makan banyak ikan seperti pada desa di Inuit di Greenland misalnya, memiliki tingkat kondisi yang lebih rendah seperti peradangan yaitu arthritis. Studi juga menunjukkan bahwa manfaat minyak ikan dapat berguna dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis.
  • Depresi
    Omega 3 dalam minyak ikan bisa dikaitkan dengan resiko depresi yang lebih rendah pada orang-orang yang secara teratur measakan manfaat mengkonsumsi ikan. Kandungan omega 3 merupakan asam lemak, yang diyakini meningkatkan kadar serotonin kimia pada otak.