Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Selasa, 25 Februari 2014

Khasiat mengkonsumsi buah kurma saat berpuasa

Manfaat mengkonsumsi buah kurma dibulan puasa - Khasiat mengkonsumsi buah kurma terlihat dari banyaknya nutrisi sehat yang terkandung di dalamnya sehingga jika dikonsumsi akan memberikan kebaikan pula untuk kesehatan tubuh. Buah kurma yang terlihat berwarna coklat sapai kehitaman ini merupakan jenis buah khas timur tengah yang secara luar diekspor keberbagai negara. Daerah timur tengah seperti arab memang penghasil kurma terbanyak bahkan, telah menjadi ikon market seperti lambang unta dikemasan oleh-oleh khas timur tengah.

Khasiat mengkonsumsi buah kurma seperti layaknya khasiat buah jeruk yang sangat penting untuk tubuh karena manfaat kandungan nutrisinya. Buah yang termasuk jenis hasil palem-paleman ini memiliki rasa khas yang manis saat dikonsumsi. Permintaan yang cukup banyak membuat buah kurma dibuat dalam kemasan praktis dengan mengabil ekstraknya yaitu sari kurma. Seperti apa khisiatnya? kami uraikan di bawah ini :

  • Banyak vitamin dan mineral – Berbagai jenis vitamin dan mineral berlimpah ditemui pada buah kurma. Biasanya pada sayuran dan buah banyak ditemui kandungan ini namun, buah kurma juga menyediakannya. Sejumlah vitamin sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti vitamin C, vitamin B1, Vitamin B2, Asam nikotinat dan vitamin A. Senyawa antioksidan dan phenolic yang sangat tinggi terdapat pada buah kurma akan menjaga sistem imunitas tubuh sehingga terhindar dari penularan penyakit.
  • Menurunkan Trigliserida – Salah satu zat berbahaya yang ada di dalam tubuh seperti trigliserida, yaitu bentuk lain dari lemak yang larut dalam darah. Lemak dalam darah bisa membentuk plak pada pembuluh darah dan pada akhirnya mambuat pengerasan pembuluh darah yang mengakibatkan timbulnya penyakit stroke dan serangan jantung. Khasiat mengkonsumsi buah kurma dapat menurunkan kadar trigliserida mulai dari 8% hingga 15%.
Khasiat mengkonsumsi buah kurma ini juga terdapat pada ajaran agama islam. Pada bulan ramadhan umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Saat menjalankan ibadah puasa seorang muslim tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya mayahari, karena itulah saat berbuka (membatalkan puasa) umat islam harus mengkonsumsi makanan bergizi demi menjaga kesehatan untuk menjalankan puasa satu bulan lamanya. Puasa dan kesehatan sangat erat hubungannya, apalagi jika didukung dengan mengkonsumsi menu puasa sehat seperti buah kurma ini seperti berikut :
  • Menaikkan kadar gula – jangan khawatir dengan rasa manis kurma karena buah kurma mengandung sejumlah besar gula alami, namun buah ini mempunyai nilai indeks glikemik yang rendah. Buah kurma yang dikonsumsi bisa menaikkan gula secara signifikan yang kemudian bisa digunakan sebagai sumber energi. Ajaran agama islam untuk mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa bertujuan untuk menggantikan energi yang akan digunakan untuk aktifitas ibadah di malam hari.
  • Buah kurma kaya serat –  saat berpuasa metabolisme menurun sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya serat. Hal ini akan mencegah terjadinya kontipasi yang kurang sehat untuk sistem pencernaan. Setiap kurma memiliki kandungan serat berbeda-beda disetiap varietasnya namun, setidaknya sekitar 50% sampai 100% kebutuhan serat dalam sehari bisa dicukupi dengan 100 gram kurma.