Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 21 Februari 2014

Khasiat kuning telur untuk kesehatan tubuh

Telur memiliki tiga bagian terpisah yaitu cangkang, putih tekur dan kuning telur. Ketika membuka sebuah telur mentah, bagian kuning merupakan bulatan kuning di dalamnya dan putihnya adalah bagian lingkarannya. Telur adalah sebuah embrio yang berkembang di dalamnya dan tumbuh dalam cangkang pelindung. Sementara manfaat putih telur yang telah dikenal luas tersebut, sebenarnya tidak pula mengurangi khasiat kuning untuk kesehatan yang sebenarnya, seperti berikut ini :

  • Lebih banyak vitamin
    Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dan jumlah yang lebih besar dari putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E dan K. Vitamin A, D, E dan K hanya ditemukan dalam kuning telur dan pada putih telur tidak terlalu banyak. Bahkan, hanya pada kuning telur ditemukan, salah satu dari hanya segelintir makanan yang mengandung  vitamin D alami seperti manfaat daging merah.
  • Lebih banyak mineral
    Seperti halnya vitamin, mineral sangat penting sebagai zat pembangun tubuh yang melak melaksanakan fungsi-fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki 13 jenis mineral. Mineral-mineralnya termasuk kalsium, magnesium, besi, kalium, natrium dan selenium. Meskipun kedua putih telur dan kuning telur mengandung mineral ini, kuning telur memiliki jumlah yang lebih besar dari jumlah keseluruhannya. Sebagai contoh, 90 persen kalsium telur adalah dalam kuning telur nya, 93 persen kadar besi adalah dalam kuning telur sedangkan 7 persennya dalam putih telur.
  • Kaya zat karotenoid
    karotenoid lutein merupakan zat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid ini merupakan pigmen berwarna-warni yang memberikan kuning telur menjadi warna kuning mereka yang mampu menurunkan resiko degenerasi makula terkait usia dan katarak, menurut para peneliti. Mereka bertindak sebagai antioksidan di mata, melindungi dari radikal bebas yang dapat merusak berbagai bagian retina, mempengaruhi kemampuannya untuk benar memfokuskan cahaya di berbagai gangguan pada mata.
  • Diperkaya kolin
    Kuning telur mengandung kolin yang merupakan agen anti inflamasi yang menghindari peradangan. Hal tersebut mengartikan bahwa, orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit inflamasi seperti penyakit osteoporosis atau arthritis, dapat mengkonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit tersebut.