Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 07 Februari 2014

Fungsi dari otak kanan manusia

Fungsi otak kanan manusia sangat penting untuk kehidupan dan menunjang aktivitas dan kegiatan sehari hari.  Sampai saat ini orang kidal dianggap kalah dengan orang tangan kanan, hal ini terjadi karena mereka berpikir dan bertindak berbeda dengan menggunakan fungsi otak kanan. Ketika seseorang berbicara dalam hal otak kanan atau otak kiri, sebenarnya dia sedang berbicara tentang belahan kiri dan belahan kanan dari bagian otak manusia yang disebut korteks serebral.

Saat ini, tidak peduli apakah seseorang adalah tangan kanan atau kidal. Telah banyak diketahui bahwa seseorang yang kidal menggunakan otak kanan mereka sebagai kecenderungan terkemuka mereka. Dengan menggunakan otak kanan mereka menunjukkan karakteristik otak secara khusus yang dipamerkan oleh orang kidal.
Kecenderungan Fungsi Otak Kanan Manusia

Mengontrol fungsi
Fungsi pertama otak kanan adalah mengendalikan sisi kiri tubuh. Orang berotak kanan umumnya cenderung bekerja lebih dengan tangan kiri mereka dan secara naluriah bergerak pertama dengan kaki kiri, sambil berjalan. Tapi ini mungkin tidak selalu benar. Demikian pula, jika kcenderungan sebaliknya, akan menggunakan sisi kanan tubuh.

Perasaan dan Intuisi
Orang dengan kecenderungan fungsi otak kanan lebih memilih mengikuti naluri mereka atau ‘firasat’. Mereka umumnya tidak mengurusi diri dengan pola-pola logis dan lebih suka mengandalkan ‘firasat’. Hal ini membuat orang yang berotak kanan berpikir “out of the box” lebih sering, karena mereka memiliki kemampuan untuk berpikir dengan cara yang tidak konvensional. Orang dengan fungsi otak kiri, cenderung mengikuti, pola logis rasional, terlepas dari apa yang dia percaya.

Melihat secara holistik
Kepribadian dengan otak kanan akan cenderung melihat hal-hal dengan cara holistik, daripada memperhatikan rincian halus. Dia memiliki kemampuan untuk memahami dan menghargai gambaran yang lebih besar, untuk arti yang lebih dipahami. Orang berotak kiri lebih suka melihat ke dalam rincian halus dan menganalisa mereka.

Perumpaman
Fungsi otak kanan yang sangat umum adalah bahwa lebih baik untuk menciptakan gambar.  Orang berotak kanan akan mengingat peristiwa berdasarkan gambar yang ada di pikiran mereka. Mereka juga membuat asosiasi antara gambar yang tidak terkait. Seperti mereka berpikir bahwa seseorang yang mereka kenal tampak seperti kuda. Jadi, ketika mereka melihat kuda mereka akan berpikir orang dan sebaliknya! Orang yang cenderung menggunakan otak kanan, cenderung memiliki memori visual yang lebih kuat daripada orang berotak kiri. Mereka juga jauh lebih imajinatif.

Kerusakan Pada Belahan Otak Kanan
Kerusakan otak kanan adalah kerusakan pada sisi kanan otak. Otak terdiri dari dua sisi, atau belahan. Masing-masing belahan bertanggung jawab untuk fungsi tubuh yang berbeda. Pada kebanyakan orang, sisi kiri otak mengandung pusat-pusat bahasa orang tersebut dan sisi kanannya mengontrol fungsi kognitif (keterampilan berpikir).

Kerusakan belahan kanan otak menyebabkan masalah kognitif-komunikasi, seperti gangguan memori, masalah perhatian dan penalaran. Dalam banyak kasus, orang dengan kerusakan fungsi otak kanan tidak menyadari masalah yang  dialami (anosognosia).