Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Kamis, 27 Februari 2014

Faktor penyebab kerontokan rambut pada usia dini

Rambut yang senantiasa tumbuh ini terkadang memang mengalami kerontokan namun, lain halnya jika rambut yang rontok ini berlebihan. Siklus rambut seseorang memang berbeda-beda namun karakternya sama yaitu rambut berkembang selama 3 sampai 4 tahun kemudian 3 hingga 4 bula berisitrahat untuk pergantian rambut baru. Beberapa orang yang mengalami masalah kerontokan ini fase pertumbuhan rambut kembali menjadi lebih cepat sekitar sebulan.

Perlu diwaspadai jika kerontokan ini mencapai 100 helai dan tidak seimbang antara pertumbuhan dan rambut yang rontok. Terkadang banyak oran yang tidak menyadari kerontokan rambutnya padahal, dari kerontokan rambut ini dapat merupakan indikasi terjadinya suatu penyakit. Nah, beberapa faktor di bawah ini merupaka faktor penyebab kerontokan rambut yang banyak terjadi :

  • Faktor Hormon
    Pertumbuhan setiap anggota tubuh manusia dipicu dari produksi hormon yang memicunya. Penyebab kerontokan rambut yang terjadi biasanya paling banyak dikarenakan keseimbangan hormonal. Hormon yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut ini terganggu sehingga tidak menumbuhkan rambut secara optimal.
  • Faktor psikologis
    Keseimbangan mental juga akan mengganngu pertumbuhan rambut normal sehingga dapat terjadi kebotakan. Stress yang sering timbul menyebabkan terganggunya peradaran darah yang tentu saja mengganggu peradaran darah sedaerah kelapa sehingga nutrisi rambutnya tidak terserap rambut.
  • Faktor Nutrisi
    Asupan nutrisi sering disepelekan pada menu makanan padahal, hal ini merupakan pangkal pertumbuhan tubuh beritu pula untuk kebutuhan nutrisi rambut. Kekurangan vitamin A dan E yang terus-menerus akan menyebabkan terjadinya kerontokan.
  • Faktor Penyakit
    Ketombe pada rambut dapat menjadi penyebab kerontokan rambut karena kulit kepala yang tidak sehat. Penyakit diabetes, demam dan kanker juga bisa menimbulkan kerontokan rambut.
Tanpa disadari banyak hal yang kita lakukan seharihari justru menjadi pemicu timbulnya kerontokan rambut. Berikut ini hal yang dapat memicu timbulnya rambut rontok :
  • Jarangnya membersihkan rambut merupakan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan rambut. Rambut yang jarang dikeramas akan membuat keringat dan debu berkumpul sehingga akan diserap oleh folikel rambut. Rambut akan menjadi kotor dan menjadi mudah patah.
  • Penggunaan bahan kimia untuk melakukan tatanan rambut seperti pengritingan, pewarnaan akan membuat kelembaban alami rambut terkikis dan kemudian rambut menjadi rontok.
  • Mengikat rambut dengan kencang menggunakan karet juga membuat rambut rapuh dan akhirnya mudah rontok.