Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Senin, 03 Maret 2014

Fungsi pers sebagai media informasi

Fungsi pers setidaknya ada banyak sekali untuk menunjang berbagai kepentingan, baik kepentingan pers itu sendiri, kepentingan pemerintah, dan tentunya kepentingan masyarakat.Tren baru acara tv di Indonesia saat ini juga sangat penting perannya untuk keberhasilan pers dalam menjalankan tugasnya. Berikut adalah berbagai fungsi pers yang ada di Indonesia.

  • Fungsi Pers Sebagai Media Informasi
    Tentu hal ini sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pers adalah sumber informasi dan media penyampaian informasi yang sangat populer. Pers merupakan perantara dan sumber informasi terpercaya untuk seluruh rakyat Indonesia. Ada banyak informasi penting
  • Fungsi Pers Sebagai Media Kontrol
    Fungsi pers sebagai media kontrol artinya adalah pers menjadi salah satu media untuk menginformasikan sesuatu yang benar dan yang salah. Memberikan makna kepada masyarakat apa yang tidak boleh dilakukan dan mana yang boleh dilakukan. Selain itu media juga berperan sebagai kontrol untuk berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah agar tidak menyimpang dari fungsi pancasila dan UUD 1945 serta peraturan perundang undangan dan hukum yang berlaku.
  • Fungsi Pers Sebagai Media Pendidikan
    Idiil Pers menyebutkan bahwa pers harus dapat  merangsang prakarsa sehingga pelaksanaan demokrasi Pancasila, membantu pembinaan swadaya, peningkatan kehidupan spiritual dan material agar dapat terwujud. Ada banyak media dalam pers seperti tv, surat kabar, media online, dan media lainnya. Namun contoh pers memberikan media pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan acara tv berkualitas yang dapat menambah pemahaman penonton. Untuk media lain selain tv, setidaknya memberikan informasi yang mendidik.
  • Fungsi Pers Sebagai Media Entertain
    Tentu pers merupakan sebagai media hiburan, sebut saja acara lawak di tv yang tentunya menghibur segenap masyarakat. Hiburan yang dimaksud adalah jenis yang tidak bertentangan moral dan harus sesuai dengan kaidah moral di masyarakat. Film komedi Indonesia merupakan salah satu contoh pers sebagai media hiburan yang mungkin dapat menjadi salah satu cara mengatasi stress masyarakat yang menontonnya.
  • Fungsi Pers Sebagai Lembaga Ekonomi
    Tentu fungsi pers adalah sebagai lembaga ekonomi yang mana menjadikan pembaca atau penontonnya sebagai pasar yang menguntungkan. Pendapatan mereka tentu bergantung dari penonton atau pembaca yang menjadi mitra setianya, Semakin banyak pembaca/penonton maka semakin besar juga pers tersebut.