Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Selasa, 04 Februari 2014

Sistem pemerintahan indonesia

Pada sistem pemerintahan mengacu dengan bentuk negara Indonesia, hal ini telah tercantum pada pembukaan UUD 1945 Alinea IV yang menyatakan bahwa “kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat.”

  • Selain itu, bentuk negara Indonesia tertuang pada Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi, “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik.”
  • Bentuk negara kesatuan yang menganut bentuk pemerintahan republik, kekuasaannya di pegang oleh Presiden Republik Indonesia sebagai kepala negara dan juga tugas presiden sebagai kepala pemerintahan. “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” (Pasal 4 Ayat 1), sehingga sistem pemerintahan Indonesia menganut sistem presidensial.
Bagaimana sistem presidensial di Indonesia?? pada dasarnya pada sistem presidensial atau disebut juga sistem kongresional ini, merupakan pemerintahan pada negara republik yang merupakan hasil melalui pemilu eksekutif dan terpisah dengan kekuasan legislatif, seperti adanya MPR dan DPR di Indonesia.

Presiden dan pejabat-pejabat negara di Indonesia, dipilih oleh rakyat melalui pemilu, sehingga tidak ada tumpang tindih status antara badan eksekutif dan badan legislatif.