Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Sabtu, 22 Februari 2014

Penyebab penting timbulnya penyakit anemia

Beberapa penyebab penting timbulnya penyakit anemia ini, seperti berikut :

  • Kehilangan darah
    Kehilangan darah adalah penyebab paling umum dari anemia, terutama anemia defisiensi besi. Kehilangan darah dapat jangka pendek ataupun bertahan dari waktu ke waktu. Periode menstruasi yang berat atau perdarahan di saluran pencernaan, pembedahan, trauma, atau kanker dapat menyebabkan kehilangan darah. Jika banyak darah yang hilang, tubuh akan kehilangan kecukupan sel darah merah menyebabkan anemia.
  • Ketidakmampuan memproduksi sel darah merah
    Kondisi darah yang diperoleh dan diwariskan merupakan faktor yang dapat mencegah tubuh untuk memperodiksi sel-sel darah merah yamng cukup. “Acquired” berarti seseorang tidak dilahirkan dengan kondisi anemia namun, seseorang tersebut bisa mengembangkannya. “Warisan” berarti orang tua. melewati gen untuk kondisi anemia langsung pada anaknya.
  • Hormon
    Tubuh membutuhkan hormon erythropoietin (eh-Rith-ro-POY-eh-tin) untuk membuat sel darah merah. Hormon ini merangsang sumsum tulang untuk membuat sel-sel ini. Produksi hormon pada  tingkat rendah hormon ini akan menyebabkan penyakit anemia .
  • Kehamilan
    Anemia dapat terjadi selama kehamilan akibat rendahnya kadar asam folat dan zat besi untuk merubahnya menjadi sel darah. Selama 6 bulan pertama kehamilan, bagian cairan darah wanita (plasma) meningkat lebih cepat daripada jumlah sel darah merah. Keadaan ini, justru mencairkan darah yang sering menyebabkan penyakit anemia. Meneliti makanan ibu hamil yang bergizi sangat dianjurkan agar bebas dari anemia.