Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Rabu, 12 Februari 2014

Penyebab bintik merah pada bayi

Ada banyak penyebab bintik merah pada bayi yang harus kita waspadai dan terkadang sangat berbahaya untuk kesehatan bayi.  Berikut adalah berbagai penyebab bintik merah pada kulit bayi yang dapat anda jadikan indikasi penyebab awal.

Bintik Merah Karena Biang Keringat
Kulit bayi yang masih sangat halus sangat rentan terhadap keringat yang dapat membuat kulit menjadi merah. Indonesia sebagai daerah tropis tentu memiliki suhu yang cukup menyengat di siang hari yang menyebabkan keluarnya keringat. Cara mengatasi bintik merah karena biang keringat adalah dengan menggunakan baju yang tipis untuk bayi dan jangan terlalu tebal. Selain itu pastikan kamar memiliki sirkulasi udara yang baik dan sejuk, jika perlu penggunaan pendingin suhu ruangan atau AC dapat membantu mengurangi biang keringat.

Bintik Merah Karena Gigitan Serangga
Bintik merah karena gigitan serangga menjadi salah satu penyebab terjadinya bintik pada kulit bayi, alergi karena racun gigitan serangga dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Umumnya bintik merah akibat gigitan nyamuk atau serangga lainnya tidak perlu diobati karena dapat hilang secara sendirinya. Jika ingin dioleskan untuk menghilangkan gatal atau tidak menyebar luas di bagian tubuh lainnya dapat mengoleskan minyak telon atau baby gel. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dapat menggunakan minyak kayu putih agar tidak menimbulkan gatal gatal pada kulit.

Debu Sekitar Rumah
Bintik bintik juga dapat disebabkan karena debu yang bertebaran di sekitar rumah, terutama bagi yang rumahnya dekat dengan jalan raya. Debu ini dapat menyebabkan iritasi terutama karena kulit bayi masih sangat lembut dan tipis. Selain itu benda yang telah terkena debu seperti boneka dan karpet serta baju dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit bayi. Cara mengatasinya adalah dengan menyedot debu pada peralatan rumah, terutama yang kontak langsung dengan bayi. Selain itu untuk mengatasinya dapat menggunakan alkohol untuk bayi.

Iritasi Bintik Merah Karena Popok Bayi
Bintik merah pada kulit bayi dapat disebabkan karena popok bayi, kemerahan dapat disebabkan karena terlambat mengganti popok terutama telah terdapat tinja bayi. Bakteri dan keasaman tinja bayi dapat masuk melalui pori pori dan akhirnya dapat menyebabkan kulit memerah. Cara mengatasi hal ini adalah harus dengan ketelitian seorang bunda agar rajin memeriksa popok bayi tersebut terutama ketika buang air besar.

Kutu Busuk dan Serangga Tempat Tidur
Jika kasur tempat bayi anda tidur sering terkena pipis bayi dan sering basah, kemungkinan akan menyebabkan kutu busuk berada di dalamnya. Pada malam hari bisa saja kutu ini menggigit bayi dan membuat kulitnya terkena iritasi. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan minyak telon dan baby gel yang dapat mengurangi iritasi.

Alergi Penyebab Bintik Merah Pada Bayi
Kasus yang umum terjadi sebagai penyebab bintik merah pada kulit bayi adalah faktor alergi. Alergi bisa datang dari ayah atau bunda yang memiliki riwayat alergi pada makanan. Jika iritasi terjadi karena alergi yang disebabkan oleh makanan yang anda makan di dekat bayi anda, cara paling efektif adalah memahami sumber alergi tersebut dan jangan pernah terkena kulit bayi.

Selain penyebab di atas, masih ada berbagai keluhan yang menyebabkan bintik bintik di kulit bayi yang baru lahir. Kulit bayi yang masih tipis dan membutuhkan kelembaban yang sesuai membuat kulitnya mudah terkena iritasi.