Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 07 Februari 2014

Klasifikasi jenis jenis jamur

Pada berbagai jenis-jenis jamur yang biasa kita makan, dulunya dianggap bukan bagian dari spesies makhluk hidup. jamur memang tampak seperti tumbuhan naun terkesan sangat aneh karena tidak mempunyai akar, daun dan juga tidak menghasilkan biji. Pada ilmu pengetahuan sekarang ini jamur tercatat sebagai golongannya sendiri dalam klasifikasi tumbuh-tumbuhan.

Tubuh jamur merupakan jenis tumbuhan bersel satu atau juga bersel banyak tergantung jenisnya. Sel-sel tersebut tersusun dan membentuk benang-benang yang disebut Hifa. Perkembangbiakan kamur melalui spora yang ketika matang akan jatuh yang kemudian berkembang menjadi jamur pada tempat yang cocok untuk pertumbuhannya.

Beberapa klasifikasi jenis jamur, seperti berikut ini :

  • Jamur Ganggang (Phycomycetes)
    Jamur ganggang merupakan tipe  jamur yang memiliki hifa yang tidak bersekat-sekat. Contohnya : adalahyang banyak digunakan untuk membuat tempe kedelai. Jamur ini terdapat pada tempe, bisa diperhatikan pada permukaan tempe terdapat benang halus berwarna putih. Bagian yang berwarna putihitulah yang disebut dengan miselium.
    Tempe yang dibiarkan dibiarkan selama beberapa hari dalam suhu ruangan, maka pada permukaannya akan bermunculan sesuatu berwarna hitam. Bagian yang berwarna hitam tersebut adalah kotak spora yang di dalamnya terdapat spora. Spora adalah alat reproduksi aseksual dari Rhizopus sp.
  • Jamur Benar (Eumycetes)
    Jenis jamur sealnjutnya adalah jamur benar (Eumycetes) merupakaan jenis  jamur yang berhifa dengan sekat-sekat. Jamur Eumycets terbagi menjadi dua jenis lagi yaituu Ascomycetes dan Basidiomycetes. Tipe Ascomycetes adalah jenis jamur bersel satu, misalnya yang terdapat pada ragi. Sedangkan, Basidiomycetes adalah jenis jamur yang sangat mudah diamati keberadaannya karena ukuran tubuhnya yang lebih besar dibanding yang lain.Jamur yang bisa hidup dengan sehata pada tumpukan sampah, kayu mati dan lapuk ini memiliki rasa yang cukup enak untuk dijadikan bahan pangan Contoh jamur Basidiomycetes cukup banyak dibudidaya menjadi Jamur merang, jamur kuping, jamur kayu, dan jamur upas
  • Jamur Tidak Sempurna (Deuteromycetes)
    Jenis jamur ini disebut tidak sempurna (Deuteromycetes) kaena merupakan jenis jamur yang bersifat patogen. Sering tumbuh pada berbagai jenis malanan sisa seperti roti kadaluarsa, sampah makanan, dan pada tongkol jagung. Sjenis jamur ini juga sering hinggap pada hewan ternak, tanaman, dan tubuh manusia. Jamur inilah yang sering menyebabkan penyakit. Contoh jamur Deuteromycetes adalah Tinea versicolor (penyebab panu), dan Aspergillus fumigatus (penyebab sakit saluran pernapasan manusia).