Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Minggu, 13 Oktober 2013

Amonium nitrat sebagai peledak

Amonium nitrat, NH4NO3, zat dengan berat molekul 80,04, adalah salah satu senyawa komersial yang penting. Amonium nitrat adalah komponen utama dalam kebanyakan industri bahan peledak dan nonmiliter. Amonium nitrat tidak terdapat di alam karena sifatnya yang mudah larut atau mudah diuraikan.
Amonium nitrat menjadi campuran yang mudah meledak ketika dikombinasikan dengan senyawa hidrokarbon, khususnya bahan bakar diesel, atau terkadang minyak tanah.

Campuran amonium nitrat dan fuel oil (ANFO) telah digunakan oleh teroris sebagai bom, seperti pada peristiwa Oklahoma.

Amonium nitrat digunakan dalam kemiliteran sebagai bom dan komponen dari amatol . campuran ini seringkali dibubuhi oleh bubuk aluminium unutk meningkatkan daya ledak. salah satu contoh campuran ini adalah ammonal yang terdiri dari amonium nitrat, TNT (Trinitrotulena), dan aluminium.

Campuran aluminium sangat efektif dalam peledakan tempat tertutup, seperti peledakan bawah air yang menggunakan torpedo.

Amonium nitrat juga didapati sebagai bahan pembakar roket. Namun, untuk sementara waktu amonium perklorat lebih disukai karena performa yang lebih tinggi dan kecepatan pembakaran yang lebih tinggi. Kemudian, amonium nitrat kembali lebih disukai pada indsutri roket karena tingkat bahaya dan kesensitifannya yang rendah.