Kamis, 19 Juli 2012

Hipertensi primer (esensial)

Lebih dari 90% pasien hipertensi merupakan hipertensi esensial, yang tidak diketahui penyebab aslinya yang dapat mempengaruhi regulasi tekanan darah. Kemungkinan karena volume darah yang dipompa jantung meningkat, yang mengakibatkan bertambahnya volume darah di pembuluh arteri. Hipertensi esensial adalah istilah yang menunjukkan bahwa hipertensi yang terjadi tidak diketahui penyebabnya. Walaupun begitu, pada kebanyakan pasien dengan hipertensi esensial ini terdapat kecenderungan herediter yang kuat.

Riwayat keluarga hipertensi meningkatkan kemungkinan bahwa seorang individu akan mengalami hipertensi. Faktor keturunan bersifat poligenik yang terlihat dari adanya riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga. Jika salah satu atau kedua orangtua mengidap hipertensi, maka kemungkinan anaknya juga terkena hipertensi. Faktor predisposisi genetik dapat berupa sensitivitas terhadap natrium, kepekaan terhadap stress, peningkatan reaktivitas vascular (terhadap vasokonstriktor), dan resistensi insulin.

Hipertensi esensial menyerang empat kali lebih sering pada pria middle age daripada pada wanita middle age. Faktor-faktor lingkungan yang menjadi faktor predisposisi yang lebih dapat menyebabkan terjadinya hipertensi esensial antara lain gaya hidup yang buruk (stres), banyak konsumsi garam, obesitas, merokok.

0 komentar:

Posting Komentar