Kamis, 19 Juli 2012

Hipertensi goldblatt

Hipertensi goldblatt dibagi menjadi 2, yang pertama hipertensi Goldblatt dengan satu ginjal yang memiliki 2 fase.
Fase pertama adalah tipe hipertensi vasokonstriktor yang disebabkan oleh angiotensin namun bersifat sementara. Fase kedua adalah tipe hipertensi beban-volume. Sebenarnya dalam hipertensi tipe ini tidak terjadi kenaikan terhadap volume darah maupun curah jantung, tetapi yang meningkat adalah tahanan perifer total.

Kenaikan awal tekanan arteri pada kasus hipertensi ini disebabkan oleh mekanisme vasokonstriksi renin-angiotensin. Akibat sedikitnya aliran darah yang melalui ginjal sesudah penurunan tekanan arteri renalis yang berlangsung akut, ginjal tersebut akan menyekresi banyak renin. Hal ini mengakibatkan terbentuknya angiotensin dalam darah. Angiotensin ini kemudian akan meningkatkan tekanan arteri secara akut. Sekresi renin akan mencapai puncaknya dalam 1 jam atau lebih, tetapi dalam 5-7 hari akan kembali normal karena pada waktu itu arteri renalis juga meningkat pada keadaan normal sehingga tidak terjadi iskemik ginjal.

Kenaikan kedua pada tekanan arteri disebabkan oleh retensi cairan. Dalam waktu 5-7 hari cairan akan meningkat cukup tinggi sehingga mengakibatkan kenaikan tekanan arteri menjadi nilai baru yang dipertahankan. Nilai kuantitatif tekanan yang dipertahankan ini dipengaruhi oleh derajat kontriksi yang terjadi pada arteri renalis. Jadi, tekanan tekanan aorta harus meningkat cukup tinggi sehingga tekanan arteri renalis yang di sebelah distal dari bagian yang mengalami kontriksi akan cukup untuk menyebabkan keluaran urin yang normal.

Yang kedua adalah hipertensi Goldblatt dengan dua ginjal. Mekanisme terjadinya hipertensi ini adalah sebagai berikut: ginjal yang mengalami konstriksi menahan air dan garam akibat menurunnya tekanan arteri renalis pada ginjal tersebut. Ginjal yang normal juga menahan air dan garam akibat renin yang dihasilkan oleh ginjal yang mengalami iskemik. Renin ini menyebabkan terbentuknya angiotensin yang bersirkulasi ke ginjal yang berlawanan dan menyebabkannya juga menahan air dan garam. Jadi dengan alasan yang berbeda kedua ginjal menjadi penahan garam dan air yang mengakibatkan hipertensi.

0 komentar:

Posting Komentar