Kamis, 19 Juli 2012

Penatalaksanaan sialadenitis

Pada semua keadaan, lubang masuk duktus harus diperlebar dengan beberapa probe lakrimal. Batu pada duktus dapat dikeluarkan dengan membuat insisi ke duktus dari mukosa mulut. Batu yang terletak lebih di dalam, memerlukan insisi linear eksternal.

Bila faktor penyebab tidak dapat dihilangkan, sebaiknya usahakan untuk memperbesar aliran dengan cara mengunyah permen karet. Periode akut dapat dikontrol dengan kombinasi antibiotic dan massage kelenjar. Pada keadaan yang lebih parah, gejala yang ada dapat dikontrol dengan pengikatan duktus atau parotidektomi permukaan.

Pengikatan duktus hanya dilakukan bila ada hiposekresi yang hebat, mialnya bila sindrom sicca atau kerusakan kelenjar telah sangat besar. Bila kecepatan sekresi tinggi, parotidektomi merupakan indikasi.

Kadang-kadang terjadi infeksi akut pada kelenjar yang tersumbat, dan perawatan dengan antibiotic (terutama penisilin) diperlukan sebelum perawatan yang lebih menyeluruh dilakukan.
Langkah pertama adalah untuk memastikan Anda memiliki cukup cairan dalam tubuh Anda. Anda mungkin harus menerima cairan intravena (melalui pembuluh darah). Berikutnya, Anda akan diberikan antibiotik untuk menghancurkan bakteri.

Setelah saldo cairan telah dipulihkan, dokter gigi Anda dapat merekomendasikan permen asam tanpa gula atau permen. Mereka dapat merangsang tubuh memproduksi air liur lebih banyak. Jika infeksi tidak membaik, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk membuka dan tiriskan kelenjar. Jika sialadenitis disebabkan oleh batu di saluran, batu itu mungkin perlu dihilangkan dengan operasi (Haskel, 1990).

0 komentar:

Posting Komentar