Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Selasa, 04 Maret 2014

Metode pertanian organik jepang

Metode pertanian organik yang dikembangkan oleh ilmuan Jepang sering dikenal dengan istilah bertani “Tanpa bekerja” dalam metode ini ada 4 metode yang dikembangkan.

  • Metode tanpa pengolahan, yaitu tanpa membajak tanah. Teknik ini memahami bahwa tanah telah memiliki kelebihan dan secara alami telah subur dengan adanya mikroorganisme dan binatang kecil dalam tanah seperti cacing, selain itu aktivitas akar dan tanaman juga sangat berpengaruh.
  • Metode tanpa pupuk kimia. Tanah dibiarkan subur secara alami, dengan adanya mikroorganisme dan bekas tanaman serta daunan yang gugur maka akan otomatis menambah kesuburan tanah.
  • Metode tanpa menghilangkan gulma dengan pengerjaan tanah atau herbisida. Gulma juga berfungsi untuk memberikan keseimbangan komunitas biologi dan dapat membantu menyuburkan tanah. Gulma pada teknik ini cukup di kendalikan, tidak untuk dihilangkan.
  • Metode tidak tergantung dari bahan-bahan kimia. Pemupukan menggunakan bahan kimia dan pupuk akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah untuk masa depan. Penggunaan bahan kimia terhadap pemberantasan gulma atau dalam menyuburkan tanah tidak menyelesaikan masalah, karena akan berdampak buruk pada hasil pertanian.