Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Minggu, 16 Maret 2014

Fungsi hidung manusia dalam sistem pernafasan

Jika dilihat dari struktur anatomi tubuh manusia, hidung merupakan tonjolan yang berada pada klasifikasi vertebrata yang terlihat seperti tonjolan dan mengandung nostril. Fungsi hidung sebagai jalan masuknya udara luar ini sangat berguna untuk melakukan penyaringan terhadap udara untuk pernafasan. Bagaimana fungsi hidung manusia dalam sistem pernafasan manusia ini sebagai berikut :

  • Pada bagian ujung hidung ditunjang oleh tulang rawan dan pangkal hidung ditunjang oleh tulang nasalis. pada kedua tulang inilah berguna untuk menghubungkan rongga hidung dengan atmosfer untuk mengambil udara.
  • Rongga hidung yang tersusun dari sel-sel epitel berlapis dengan bulu-bula halus ini semu bersilia yang memiliki sel goblet.
  • Kemudian sel goblet ini, adalah sel yang menghasilkan lendir yang memiliki fungsi menyaring debu, melekatkan kotoran pada rambut hidung, dan mengatur suhu udara pernapasan.
  • Lobus olfaktorius pada rongga hidung mengandung banyak sel pembau, yang memberikan fungsi hidung sebagai indera penciuman.
  • Ujung ujung syaraf pada rongga hidung ini kemudian menyaring setiap udara yang di hirup dan menangkap zat-zat kimia yang terkandung dalam udara sehingga kita mengenal berbagai macam bau.
  • Ujung-ujung syaraf inilah yang kemudian mengirimkan impuls ke bagian otak manusia yang menerima rangsangan penciuman tersebut.