Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Selasa, 04 Februari 2014

Penyebab air laut asin

Penyebab air laut asin sebenarnya merupakan proses yang panjang, point pertama yang dapat membuat kita paham penyebabnya adalah laut merupakan muara semua air yang ada di bumi. Laut merupakan sumber air terbesar yang ada di bumi, ia merupakan tujuan akhir dari semua air yang mengalir. Sebenarnya mengapa air laut asin ini melalui proses yang sangat kompleks.

Penyebab Pertama
Salah satu penyebab air laut ini asin adalah adanya gas dan lava yang dimuntahkan dari peningkatan aktivitas vulkanik. di Dalam lautan terdapat berbagai gunung vulkanik yang jumlahnya tidak sedikit. Proses nya adalah gas dan lava yang dimuntahkan mengeluarkan karbon dioksida yang larut dalam air menjadi bentuk asam karbonat yang melarutkan mineral. Ketika mineral ini larut mereka akan membentuk ion, dimana ion ini lah yang membuat air menjadi asin. Air laut menguap terus menerus dan meninggalkan kandungan garam dan menjadikan air laut ini menjadi asin setiap saat. Proses ini merupakan salah satu proses terjadinya hujan yang turun ke bumi.

Penyebab Kedua
Klu yang menjadi penyebab kedua mengapa air laut asin adalah pemahaman mengenai laut merupakan sumber dan muara dari seluruh air yang ada di bumi. Seperti yang kita ketahui air yang kita minum merupakan proses dari air hujan yang melewati tanah dan disaring secara tidak langsung oleh bebatuan dan tanah yang meninggalkan beberapa mineral yang merupakan bentuk dari air yang kita minum. Air ini tidak terasa asin karena kadar keasinannya sangat rendah.

Air yang merembes dari dalam tanah ini akan bermuara ke sungai yang membawa kandungan garam, dari sungai kandungan air yang memuat mineral dan ion akan mengalir ke danau. Kuncinya adalah aliran ini, garam yang terkandung pada sungai dan danau ini hanya bisa bertahan sekitar 200 tahun. Aliran ini akan bermuara pada lautan yang dapat menahan garam tersebut sekitar 200 – 300 juta tahun. Kembali pada proses pertama yang menyatakan penguapan yang terjadi di laut tidak akan membawa kandungan garamnya, sehingga kandungan garam ini akan terus bertambah sesuai dengan mineral yang dibawa dari danau dan sungai,

Mengapa Air Laut Asin
Dari beberapa penelitian yang telah di lakukan, diketahui bahwa proses air laut ini menjadi asin terjadi selama milyaran tahun lalu. Dimana akumulasi penyebab pertama dan kedua tersebut terus berjalan secara berkesinambungan. Secara garis besar mengapa air laut asin adalah karena ia merupakan muara semua air yang ada di Bumi, selain itu kandungan berbagai mineral di air akan bermuara di laut sehingga akumulasinya akan membentuk air yang asin. Manfaat laut bagi kehidupan manusia memang sangat besar, terdapat jutaan makhluk hidup didalamnya. Kandugan asin pada air laut ini ternyata bermanfaat untuk menunjang berbagai kehidupan..