Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Selasa, 11 Februari 2014

Cara tepat mengatasi bayi cegukan

Penyebab cegukan pada orang dewasa bisa terjadi karena berbagai hal. Cara yang paling mudah untuk menghentikan cegukan pada orang dewasa bisa dilakukan dengan menahan napas kemudian dihembuskan secara perlahan. Tapi metode tersebut tentunya  sangat berisiko jika dilakukan pada bayi yang umumnya masih berusia di bawah 3 bulan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi :

  • Lakukan pijat di bagian belakang
    Cegukan bisa dihentikan dengan membuatnya tenang. menggosok-gosok punggung bayi atau memberikan pijatan dengan lembut akan membuat bayi terasa lebih nyaman dan cegukan kemudian hilang.
  • Makan secara perlahan
    Ketika memberi makan pada bayi sebelum terlalu lapar pada akhirnya bisa menimbun gas dalam tubuhnya. Saat cegukan terjadi merupakan tanda adanya gangguan pada lambung.Cegukan bisa menunjukkan adanya indikasi masalah lambung, ketika bayi mulai muntah-muntah.
  • Berhenti Makan Saat Cegukan
    Pada saat bayi makan, maka berhentilah. Jangan diteruskan ketika bayi ingi muntah, rewel dan frustasi. Biarkan sampai cegukan berhenti, kemudian lanjutkan makan.
  • Bersendawa
    Sendawa akan mengeluarkan gas atau udara berlebih pada perut bayi. Sendawa mampu menghilangkan kejang pada otot diafragma dan bisa mengatasi bayi cegukan.
  • Posisi menyusui
    Pada bayi yang sedang menyusui bisa terlalu banyak menelan udara yang menyebabkan cegukan ketika menyesuiu. Sehingga ibu perlu merampingkan posisi menyusui untuk membatasi jumlah udara yang ditelan oleh bayi.