Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Sabtu, 16 November 2013

Medulla spinalis atau korda spinalis

Medulla spinalis atau yang sering disebut dengan korda spinalis yang terbentang dari foramen magnum sampai dengan L1, di L1 melonjong dan agak melebar yang disebut conus terminalis atau conus medullaris.. Pada medulla spinais juga terdapat substansia grisea. Berlainan dengan substansa yang ada pada oak, substansia grisea yang ada pada medulla spinalis berbentuk seperti kupu-kupu di bagian dalam dan dikelilingi oleh substansia alba. Sama halnya seperti otak, substansia pada medulla spinalis tersusun atas badan-badan sel saraf beserta dendritnya, antar neuron pendek dan sel-sel glia.

Substnsi alba tersusun menjadi traktus yaitu berkas-berkas serat saraf dengan fungsi serupa. Sebagian besar adalah traktus asendens (korda ke otak), dan traktus desndens (dari otak k). Substansi abu-abu membentuk seperti huruf H dan terdiri dari tiga bagian yaitu: anterior, posterior dan Comissura abu-abu. Bagian Posterior sebagai input /afferent, anterior sebagai Output/efferent, comissura abu-abu untuk refleks silang dan substansi putih merupakan kumpulan serat syaraf bermyelin.

Korda spinalis memiliki fungsi sebagai penghubung untuk menyalurkan informasi antara otak dan bagian tubuh lainnya, serta mengintegrasikan aktivitas reflek antara masukan aferen dan keluaran eferen tanpa melibatkan otak, untuk pernapasan, gerakan menelan, dan berperan dalam muntah.