Minggu, 14 Juli 2013

Prevalensi osteoarthritis (oa)

Berdasarkan data prevalensi dari National Centers for Health Statistics diperkirakan 15,8 juta (12%) orang dewasa antara 25-74 tahun mempunyai keluhan sesuai OA. Prevalensi dan tingkat keparahan OA berbeda-beda antara rentang usia dewasa dan usia lanjut. Sebagai gambran, 20% pasien di bawah 45 tahun mengalami OA tangan dan hanya 8,5% terjadi pada usia 25-34 tahun, tetapi terjadi 10-20% pada kelompok 65-74 tahun.

OA lutut moderat sampai berat dialami 33% pasien usia 65-74 tahun dan OA panggul moderat sampai berat dialami oleh 50% pasien dengan rentang usia yang sama.
The National Arthritis Data Work Group dengan menggunakan The First National Health and National Examination Survey (HANES I) dan data lain meramalkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan 18,2% masyarakat Amerika akan menderita OA

Perempuan di Amerika ternyata lebih sering terkena OA; perempuan tua mempunyai kemungkinan terkena OA lutut dan tangan dua kai lipat daripada laki-laki. OA lutut menyerang perempuan kulit hitam dua kali lipat dibandingkan kulit putih. OA panggul lebih sering menyerang kaukasian dibanding ras China, East India, dan Indian.

Data di Indonesia, diketahui sekitar 56,7% pasien di poliklinik Rheumatologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, didiagnosis menderita salah satu jenis OA.

0 komentar:

Posting Komentar