Rabu, 26 Juni 2013

Kombinasi penggunaan glimepiride dengan insulin dan metformin

Kombinasi penggunaan Glimepiride dengan insulin dan Metformin dapat meningkatkan potensi hipoglikemia.

Obat-obat tertentu seperti obat-obat anti-inflamasi dan obat-obat yang sangat berikatan dengan protein seperti asam salisilat, Sulfonamid, Kloramfenikol, Kumarin, Probenesid, penghambat Monoamine Oksidase dan obat-obat penghambat beta adrenergik memiliki efek hipoglikemia.

Pasien harus diawasi secara ketat, bila obat-obat tersebut diberikan bersama dengan Glimepiride.
Pasien harus diawasi secara ketat, bila obat-obat golongan Thiazid dan diuretik lainnya, kortikosteroid, Fenothiazin, produk-produk tiroid, Estrogen, Kontrasepsi oral, Fenitoin, Asam Nikotinik,

Simpatomimetik, dan Isoniazid diberikan bersama Glimepiride karena obat-obat tersebut cenderung menyebabkan hiperglikemia dan dapat menyebabkan hilangnya kontrol gula darah.
Obat-obat golongan beta-blocker dapat menurunkan toleransi glukosa. Pada pasien dengan diabetes melitus, obat ini dapat menyebabkan kemunduran kontrol metabolik. Dapat meningkatkan kecenderungan terjadinya hipoglikemia.

Telah dilaporkan bahwa interaksi antara Mikonazol oral dengan obat-obat hipoglikemia oral berpotensi menyebabkan hipoglikemia berat.
Glimepiride dapat sedikit menurunkan respon farmakodinamik Warfarin, namun bermakna secara statistik.

Antagonis reseptor H-2, Klonidin dan Reserpin, Beta-Blocker, Kumarin, Penggunaan Alkohol akut dan kronis dapat menyebabkan potensiasi atau melemahnya dari efek penurunan gula darah.