Pada hakikatnya melalui bertanya kita akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang ingin kita ketahui. Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka kegiatan bertanya jawab antara guru dan siswa, atara siswa ini menunjukan adanya ineraksi dikelas yang di dinamis dan multi arah.
Kegiatan bertanya akan lebih efektif bila pertanyaan yang diajukan cukup berbobot, mudah dimengerti atau relevan dengan topik yang dibicarakan.
Tujuan guru mengajukan pertanyaan
- mengembangkan pendekatan CBSA
- menimbulkan rasa keingintahuan
- merangsang fungsi berpikir
- mengembangkan keterampilan berpikir
- memfokuskan perhatian siswa
- menstruktur tugas yang akan diberikan
- mendiagnosis kesulitan belajar siswa
- menkomunikasikan harapan yang diinginkan oleh guru dari siswanya
- merangsang terjadinya diskusi dan memperlihatkan perhatian terhadap gagasan dan terapan siswa sebagai subjek didik.
0 komentar:
Posting Komentar