Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
- keterampilan mengadakan pendekatan pribadi, yang ditampilkan dengan cara:
- menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan dan perilaku siswa,
- mendengarkan dengan penuh rasa simpati gagasan yang dikemukakan siswa,
- merespon secara positif pendapat siswa,
- membangun hubungan berdasarkan rasa saling mempercayai,
- menunjukkan kesiapan untuk membantu,
- menunjukkan kesediaan untuk menerima perasaan siswa dengan penuh pengertian, serta
- berusaha mengendalikan situasi agar siswa merasa aman, terbantu, dan mampu menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya.
- keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
- memberikan orientasi umum tentang tujuan, tugas, dan cara mengerjakannya,
- memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya kebosanan siswa dalam belajar,
- membentuk kelompok yang tepat,
- mengkoordinasikan kegiatan,
- membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa, serta
- mengakhiri kegiatan dengan kulminasi.
- keterampilan membimbing dan memberi kemudahan belajar, yang ditampilkan dengan cara:
- memberi penguatan secara tepat,
- melaksanakan supervisi proses awal,
- melaksanakan supervisi proses lanjut, serta
- melaksanakan supervisi pemaduan.
- keterampilan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
- membantu siswa menetapkan tujuan belajar,
- merancang kegiatan belajar,
- bertindak sebagai penasihat siswa, serta
- membantu siswa menilai kemajuan belajarnya sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar