Rabu, 09 Januari 2013

Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

  • keterampilan mengadakan pendekatan pribadi, yang ditampilkan dengan cara:
    • menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan dan perilaku siswa,
    • mendengarkan dengan penuh rasa simpati gagasan yang dikemukakan siswa,
    • merespon secara positif pendapat siswa,
    • membangun hubungan berdasarkan rasa saling mempercayai,
    • menunjukkan kesiapan untuk membantu,
    • menunjukkan kesediaan untuk menerima perasaan siswa dengan penuh pengertian, serta
    • berusaha mengendalikan situasi agar siswa merasa aman, terbantu, dan mampu menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya.
  • keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
    • memberikan orientasi umum tentang tujuan, tugas, dan cara mengerjakannya,
    • memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya kebosanan siswa dalam belajar,
    • membentuk kelompok yang tepat,
    • mengkoordinasikan kegiatan,
    • membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa, serta
    • mengakhiri kegiatan dengan kulminasi.
  • keterampilan membimbing dan memberi kemudahan belajar, yang ditampilkan dengan cara:
    • memberi penguatan secara tepat,
    • melaksanakan supervisi proses awal,
    • melaksanakan supervisi proses lanjut, serta
    • melaksanakan supervisi pemaduan.
  • keterampilan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
    • membantu siswa menetapkan tujuan belajar,
    • merancang kegiatan belajar,
    • bertindak sebagai penasihat siswa, serta
    • membantu siswa menilai kemajuan belajarnya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar