Sabtu, 22 Desember 2012

Jaringan otot (muscle tissue)

Jaringan otot (muscle tissue) merupakan jaringan yang tersusun atas sel otot yang bertugas menggerakan berbagai bagian tubuh, karena memiliki kemampuan berkonteraksi. Kemampuan kontraksi disebabkan adanya protein otot yang disebut aktomiosin pada setiap miofibril.

Jaringan otot (muscle tissue) terdiri atas sel-sel panjang yang disebut serabut otot yang mampu berkontraksi ketika dirangsang oleh impuls saraf. Tersusun dalam susunan paralel di dalam sitoplasma, serabut otot adalah sejumlah besar mikrofilamen yang terbuat dari protein kontrakil aktin dan miosin.

Otot adalah jaringan yang paling banyak terdapat pada sebagian besar hewan, dan kontraksi otot merupakan bagian besar dari kerja seluler yang memerlukan energi dalam suatu hewan yang aktif.

Didalam tubuh vertabrata terdapat 3 jenis jaringan otot :

  • Otot polos
    Otot polos memiliki ciri-ciri penampakan berlurik, sel polos tidak bergaris-garis, inti sel berjumlah satu dan terletak di tengah, bentuk sel seperti kumparan. Otot polos termasuk otot tak sadar sehingga disebut otot involunter Reaksi terhsadap rangsang lambat.
    selain itu kerjanya teratur, lambat dan tahan lama. Otot ini berfungsi untuk menggerakkan alat-alat atau organ bagian dalam.
  • Otot lurik atau rangka atau seran lintang
    Otot lurik memiliki ciri-ciri sel berserabut dan bergaris-garis, inti sel berjumlah banyak dan terletak di tepi, bentuk sel silindris. Reaksi terhadap rangasang cepat namun kerjanya tidak teratur, cepat dan tidak tahan lama
    Fungsi otot ini adalah untuk menggerakan rangka. Berdasarkan syaraf yang mempengaruhinya, otot lurik termasuk otot sadar sehingga disebut otot volunter.
  • Otot jantung
    Otot jantung memiliki ciri-ciri sel berserabut, bercabang dan bergaris-garis, inti sel berjumlah satu dan terletak di tengah, bentuk sel silindris bercabang-cabang. Otot jantung termasuk otot tak sadar sehingga disebut otot involunter.
    Reaksi terhadap rangsang lambat, sedang kerjanya teratur dan tahan lama. Otot ini berfungsi sebagai kontraksi otot jantung. Hubungan antara cabang yang satu dengan yang lain di sebut sinsitium.

0 komentar:

Posting Komentar