Kamis, 03 Mei 2012

Penyebab batuk

Secara umum penyebab batuk terbagi menjadi 4; infeksi, mekanis, kimiawi, dan suhu.

    Faktor infeksi: Batuk disebabkan karena proses peradangan di saluran napas yang menyebabkan produksi dahak berlebihan, sehingga harus dikeluarkan dari saluran napas dengan cara dibatukkan.

    Faktor mekanis: Batuk disebabkan karena adanya debu atau lendir dalam saluran napas, perubahan tekanan dalam saluran napas (diakibatkan gangguan pada pembuluh darah dan paru-paru), proses keganasan, benda asing dalam saluran napas. Hal-hal di atas merangsang sistem pertahanan saluran napas untuk batuk.

    Faktor kimiawi: Batuk disebabkan karena iritasi saluran napas oleh asap rokok atau zat kimia lainnya, sehingga lendir yang ada di saluran napas tidak dapat dikeluarkan secara normal sehingga harus dibatukkan.

    Faktor suhu: Batuk disebabkan karena adanya udara yang sangat panas dan dingin mengganggu kelembaban saluran napas.

Batuk yang paling sering terjadi adalah common cold, yang merupakan batuk akut paling ringan yang biasanya disertai dengan demam ringan dan pilek. Batuk akut juga bisa disebabkan oleh radang tenggorokan (faringitis akut). Bisa cepat membaik, atau menetap hingga 1-3 minggu akibat kerusakan dinding saluran napas.

0 komentar:

Posting Komentar