Jumat, 11 Mei 2012

Pengertian Cairan Intraseluler (CIS)

Cairan Intraseluler (CIS)
CIS adalah cairan yang terkandung di dalam sel. Pada orang dewasa, kira-kira dua pertiga dari cairan tubuh ad/Intraseluler sama kira-kira 25 L pada rata-rata pria dewasa (70 Kg), sebaliknya hanya setengah dari cairan tubuh bayi adalah cairan Intraselular.

Cairan Ekstraseluler (CES)
CES ad/cairan diluar sel. Ukuran reltif dari CES menurun dengan peningkatan usia. Pada bayi baru lahir kira-kira setengah cairan tubuh terkandung didalam CES. Setelah usia satu tahun volume relatif dari CES menurun sampai kira-kira setengah dari volume total. Ini hampir sebanding dengan 15 L dalam rata-rata pria dewasa (70 Kg). Lebih jauh CES dibagi menjadi :

1. Cairan Interstisial (CIT) : Cairan di sekitar sel, sama dengan kira-kira 8 L pada dewasa. Cairan limfe termasuk dalam volume Interstisial. Relatif terhadap ukuran tubuh, volume CIT kira-kira sebesar dua kali lebih besar pada bayi baru lahir dibanding orang dewasa.

2. Cairan Intravaskuler (CIV) : Cairan yang terkandung di dalam pembuluh darah. Volume relatif dari CIV sama pada orang dewasa dan anak-anak. Rata-rata volume darah orang dewasa kira-kira 5-6 L, 3 L dari jumlah tersebut adalah plasma. Sisanya 2-3 L terdiri dari sel darah merah (SDM, atau eritrosit) yang mentranspor oksigen dan bekerja sebagai bufer tubuh yang penting; sel darah putih (SDP, atau leukosit); dan trombosit.

Fungsi darah mencakup :
a. Mengirim Nutrien (Mis, Glukosa dan O2) ke jaringan.
b. Transpor produk sisa ke ginjal dan paru-paru.
c. Pengiriman antibodi dan SDP ke tempat infeksi.
d. Transport hormon ke tempat aksinya.
e. Sirkulasi panas tubuh.
3. Cairan Transeluluer (CTS) :

Cairan yang terkandung didalam rongga khusus dari tubuh. Contoh CTS meliputi cairan serebrospinal, derikardial, pleural, sonivial, cairan intraokular dan sekresi lambung. Pada waktu tertentu CTS mendekati jumlah 1 L, namun sejumlah besar cairan dapat saja bergerak kedalam dan keluar ruang transeluler setiap harinya. Sebagai contoh seluruh Gostro Intestial (GI) secara normal mensekresi dan mereabsorbsi sampai 6-8 L perhari.