TERAPI BERMAIN 
 | 
 |||
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR 
 | 
  |||
PENGERTIAN 
 | 
  
 
  | 
 ||
TUJUAN 
 | 
  
 
  | 
 ||
KEBIJAKAN 
 | 
  Dilakukan di Ruang rawat inap, Poli tumbuh kembang, Poli rawat jalan dan Tempat penitipan anak | ||
PETUGAS 
 | 
  Perawat | ||
PERSIAPAN PASIEN 
 | 
  
  | 
 ||
PERALATAN 
 | 
  
  | 
 ||
PROSEDUR PELAKSANAAN 
 | 
  
  
  | 
 ||
Contoh
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
- TUJUAN
  
- TIU (Tujuan Instruksional Umum)
    
Setelah diajak bermain, diharapkan anak dapat melanjutkan tumbuh kembangnya, mengembangkan aktifitas dan kreatifitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat - TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
    
Setelah diajak bermain selama 35 menit, anak diharapkan :- Gerakan motorik halusnya lebih terarah
 - Berkembang kognitifnya
 - Dapat mewarnai gambar yang disukainya
 - Dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sebaya yang dirawat di ruang yang sama
 - Kejenuhan selama dirawat di RS berkurang
 
 
 - TIU (Tujuan Instruksional Umum)
    
 - PERENCANAAN
  
- Jenis Program Bermain
    
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel pada kertas gambar yang telah tersedia - Karakteristik bermain
    
- Melatih motorik halus
 - Melatik kesabaran dan ketelitian
 
 - Karakteristik peserta
    
- Usia 3 – 6 tahun
 - Jumalah peserta: 2 – 4 anak dan didampingi orang tua
 - Keadaan umum mulai membaik
 - Klien dapat duduk
 - Peserta kooperatif
 
 - Metode: Demontrasi
 - Alat-alat yang digunakan (Media)
    
- Kertas gambar yang siap diwarnai
 - Alat untuk menggambar (Pensil warna/spidol/pantel)
 - Benang
 - Penggaris
 - Alat untuk melubangi kertas (Perforator)
 
 
 - Jenis Program Bermain
    
 - STRATEGI PELAKSANAAN
  
- Persiapan: 5 Menit
    
- Menyiapkan ruangan
 - Menyiapkan alat
 - Menyiapkan peserta
 
 - Pembukaan: 5 Menit
    
- Perkenalan dengan anak dan keluarga
 - Anak yang akan bermain saling berkenalan
 - Menjelaskan maksud dan tujuan
 
 - Kegiatan: 20 Menit
    
- Anak diminta untuk memilih gambar yang ingin diwarnai yang sudah tersedia
 - Kemudian anak dianjurkan untuk mewarnai gambar dengan warna yang disukai
 - Setelah selesai mewarnai gambar, anak dibantu untuk melubangi bagian atas kertas gambar
 - Dipasang benang sepanjang ± 10 cm pada bagian atas yang dilubangi
 - Gantungkan hasil mewarnai gambar di dekat tempat tidur anak
 
 - Penutup: 5 Menit
    
Memberikan reward pada anak atas hasil karyanya 
 - Persiapan: 5 Menit
    
 - EVALUASI YANG DIHARAPKAN
  
- Anak dapat mengembangkan motorik halus dengan menghasilkan satu gambar yang diwarnai, kemudian digantung
 - Anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik
 - Anak merasa senang
 - Anak tidak takut lagi dengan perawat
 - Orang tua dapat mendampingi kegiatan anak sampai selesai
 - Orang tua mengungkapkan manfaat yang dirasakan dengan aktifitas bermain
 
 
Mengetahui 
Pembimbing Praktek  | 
  
Nama Mahasiswa 
 | 
 |
(………………..) 
 | 
  
(………………….) 
 | 
 
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN TERAPI BERMAIN
No 
 | 
  
ASPEK YANG DINILAI 
 | 
  
BOBOT 
 | 
  
NILAI 
 | 
 ||
0 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
 |||
A 
 | 
  ALAT | ||||
1 
 | 
  Rancangan program bermain yang lengkap dan sistematis | 
3 
 | 
  |||
2 
 | 
  Alat bermain sesuai dengan umur/jenis kelamin dan tujuan | 
2 
 | 
  |||
B 
 | 
  Tahap Pra Interaksi | ||||
1 
 | 
  Melakukan kontrak waktu | 
2 
 | 
  |||
2 
 | 
  Mengecek kesiapan anak (tidak ngantuk, tidak rewel, keadaan umum membaik / kondisi yang memungkinkan) | 
3 
 | 
  |||
3 
 | 
  Menyaiapkan alat | 
2 
 | 
  |||
4 
 | 
  Mencuci tangan | 
1 
 | 
  |||
C 
 | 
  Tahap Orientasi | ||||
1 
 | 
  Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien | 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan | 
3 
 | 
  |||
3 
 | 
  Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan | 
1 
 | 
  |||
D 
 | 
  Tahap Kerja | ||||
1 
 | 
  Memberi petunjuk pada anak cara bermain | 
3 
 | 
  |||
2 
 | 
  Mempersilahkan anak untuk melakukan permainan sendiri atau dibantu | 
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  Memotivasi keterlibatan klien dan keluarga | 
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan | 
3 
 | 
  |||
5 
 | 
  Mengobservasi emosi, hubungan inter-personal, psikomotor anak saat bermain | 
3 
 | 
  |||
6 
 | 
  Meminta anak menceritakan apa yang dilakukan / dibuatnya | 
3 
 | 
  |||
7 
 | 
  Menanyakan perasaan anak setelah bermain | 
3 
 | 
  |||
8 
 | 
  Menanyakan perasaan dan pendapat keluarga tentang permainan | 
2 
 | 
  |||
E 
 | 
  Tahap Terminasi | ||||
1 
 | 
  Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan | 
3 
 | 
  |||
2 
 | 
  Berpamitan dengan pasien | 
1 
 | 
  |||
3 
 | 
  Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula | 
2 
 | 
  |||
4 
 | 
  Mencuci tangan | 
1 
 | 
  |||
5 
 | 
  Mencatat jenis permainan dan respon pasien serta keluarga kegiatan dalam lembar catatan keperawatan dan kesimpulan hasil bermain meliputi emosional, hubungan inter-personal, psikomotor dan anjuran untuk anak dan keluarga | 
3 
 | 
  |||
TOTAL 
 | 
  
50 
 | 
  ||||
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN DENVER II
No 
 | 
  
ASPEK YANG DINILAI 
 | 
  
BOBOT 
 | 
  
NILAI 
 | 
 ||
0 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
 |||
A 
 | 
  ALAT | ||||
1 
 | 
  Format penialian Denver II | 
2 
 | 
  |||
2 
 | 
  Kotak berisi alat-alat bantu tes | 
3 
 | 
  |||
B 
 | 
  Tahap Pra Interaksi | ||||
1 
 | 
  Melakukan kontrak waktu | 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  Menyiapkan alat termasuk mengisi data pemeriksa dank lien / pasien pada form. Penilaian Denver II | 
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  Mencuci tangan | 
1 
 | 
  |||
C 
 | 
  Tahap Orientasi | ||||
1 
 | 
  Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien | 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan | 
3 
 | 
  |||
3 
 | 
  Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan | 
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  Mempersiapkan lingkungan tempat pemeriksaan | 
3 
 | 
  |||
D 
 | 
  Tahap Kerja | ||||
1 
 | 
  Memberi petunjuk pada klien/pasien cara melakukan tes, kemudian meminta klien/pasien untuk melakukannya | 
8 
 | 
  |||
2 
 | 
  Melakukan tes mulai dari item yang paling mudah | 
3 
 | 
  |||
3 
 | 
  Melakukan tes secara urut dari item yang menggunakan sedikit energi | 
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan tes | 
3 
 | 
  |||
5 
 | 
  Menuliskan skor pada form. Denver II setiap satu tindakan tes | 
3 
 | 
  |||
6 
 | 
  Menyimpulkan hasil tes setelah menyelesaikan minimal 5 tindakan tes | 
6 
 | 
  |||
E 
 | 
  Tahap Terminasi | ||||
1 
 | 
  Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan | 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  Berpamitan dengan pasien/klien | 
1 
 | 
  |||
3 
 | 
  Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula | 
1 
 | 
  |||
4 
 | 
  Mencuci tangan | 
1 
 | 
  |||
5 
 | 
  Mencatat kegiatan dalam lembar catatan keperawatan | 
1 
 | 
  |||
TOTAL 
 | 
  
50 
 | 
  ||||
0 komentar:
Posting Komentar