TERAPI BERMAIN
|
|||
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
|
|||
PENGERTIAN
|
|
||
TUJUAN
|
|
||
KEBIJAKAN
|
Dilakukan di Ruang rawat inap, Poli tumbuh kembang, Poli rawat jalan dan Tempat penitipan anak | ||
PETUGAS
|
Perawat | ||
PERSIAPAN PASIEN
|
|
||
PERALATAN
|
|
||
PROSEDUR PELAKSANAAN
|
|
Contoh
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
- TUJUAN
- TIU (Tujuan Instruksional Umum)
Setelah diajak bermain, diharapkan anak dapat melanjutkan tumbuh kembangnya, mengembangkan aktifitas dan kreatifitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat - TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
Setelah diajak bermain selama 35 menit, anak diharapkan :- Gerakan motorik halusnya lebih terarah
- Berkembang kognitifnya
- Dapat mewarnai gambar yang disukainya
- Dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sebaya yang dirawat di ruang yang sama
- Kejenuhan selama dirawat di RS berkurang
- TIU (Tujuan Instruksional Umum)
- PERENCANAAN
- Jenis Program Bermain
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel pada kertas gambar yang telah tersedia - Karakteristik bermain
- Melatih motorik halus
- Melatik kesabaran dan ketelitian
- Karakteristik peserta
- Usia 3 – 6 tahun
- Jumalah peserta: 2 – 4 anak dan didampingi orang tua
- Keadaan umum mulai membaik
- Klien dapat duduk
- Peserta kooperatif
- Metode: Demontrasi
- Alat-alat yang digunakan (Media)
- Kertas gambar yang siap diwarnai
- Alat untuk menggambar (Pensil warna/spidol/pantel)
- Benang
- Penggaris
- Alat untuk melubangi kertas (Perforator)
- Jenis Program Bermain
- STRATEGI PELAKSANAAN
- Persiapan: 5 Menit
- Menyiapkan ruangan
- Menyiapkan alat
- Menyiapkan peserta
- Pembukaan: 5 Menit
- Perkenalan dengan anak dan keluarga
- Anak yang akan bermain saling berkenalan
- Menjelaskan maksud dan tujuan
- Kegiatan: 20 Menit
- Anak diminta untuk memilih gambar yang ingin diwarnai yang sudah tersedia
- Kemudian anak dianjurkan untuk mewarnai gambar dengan warna yang disukai
- Setelah selesai mewarnai gambar, anak dibantu untuk melubangi bagian atas kertas gambar
- Dipasang benang sepanjang ± 10 cm pada bagian atas yang dilubangi
- Gantungkan hasil mewarnai gambar di dekat tempat tidur anak
- Penutup: 5 Menit
Memberikan reward pada anak atas hasil karyanya
- Persiapan: 5 Menit
- EVALUASI YANG DIHARAPKAN
- Anak dapat mengembangkan motorik halus dengan menghasilkan satu gambar yang diwarnai, kemudian digantung
- Anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik
- Anak merasa senang
- Anak tidak takut lagi dengan perawat
- Orang tua dapat mendampingi kegiatan anak sampai selesai
- Orang tua mengungkapkan manfaat yang dirasakan dengan aktifitas bermain
Mengetahui
Pembimbing Praktek |
Nama Mahasiswa
|
|
(………………..)
|
(………………….)
|
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN TERAPI BERMAIN
No
|
ASPEK YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
||
0
|
1
|
2
|
|||
A
|
ALAT | ||||
1
|
Rancangan program bermain yang lengkap dan sistematis |
3
|
|||
2
|
Alat bermain sesuai dengan umur/jenis kelamin dan tujuan |
2
|
|||
B
|
Tahap Pra Interaksi | ||||
1
|
Melakukan kontrak waktu |
2
|
|||
2
|
Mengecek kesiapan anak (tidak ngantuk, tidak rewel, keadaan umum membaik / kondisi yang memungkinkan) |
3
|
|||
3
|
Menyaiapkan alat |
2
|
|||
4
|
Mencuci tangan |
1
|
|||
C
|
Tahap Orientasi | ||||
1
|
Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien |
1
|
|||
2
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan |
3
|
|||
3
|
Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan |
1
|
|||
D
|
Tahap Kerja | ||||
1
|
Memberi petunjuk pada anak cara bermain |
3
|
|||
2
|
Mempersilahkan anak untuk melakukan permainan sendiri atau dibantu |
2
|
|||
3
|
Memotivasi keterlibatan klien dan keluarga |
3
|
|||
4
|
Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan |
3
|
|||
5
|
Mengobservasi emosi, hubungan inter-personal, psikomotor anak saat bermain |
3
|
|||
6
|
Meminta anak menceritakan apa yang dilakukan / dibuatnya |
3
|
|||
7
|
Menanyakan perasaan anak setelah bermain |
3
|
|||
8
|
Menanyakan perasaan dan pendapat keluarga tentang permainan |
2
|
|||
E
|
Tahap Terminasi | ||||
1
|
Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan |
3
|
|||
2
|
Berpamitan dengan pasien |
1
|
|||
3
|
Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula |
2
|
|||
4
|
Mencuci tangan |
1
|
|||
5
|
Mencatat jenis permainan dan respon pasien serta keluarga kegiatan dalam lembar catatan keperawatan dan kesimpulan hasil bermain meliputi emosional, hubungan inter-personal, psikomotor dan anjuran untuk anak dan keluarga |
3
|
|||
TOTAL
|
50
|
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN DENVER II
No
|
ASPEK YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
||
0
|
1
|
2
|
|||
A
|
ALAT | ||||
1
|
Format penialian Denver II |
2
|
|||
2
|
Kotak berisi alat-alat bantu tes |
3
|
|||
B
|
Tahap Pra Interaksi | ||||
1
|
Melakukan kontrak waktu |
1
|
|||
2
|
Menyiapkan alat termasuk mengisi data pemeriksa dank lien / pasien pada form. Penilaian Denver II |
2
|
|||
3
|
Mencuci tangan |
1
|
|||
C
|
Tahap Orientasi | ||||
1
|
Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien |
1
|
|||
2
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan |
3
|
|||
3
|
Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan |
3
|
|||
4
|
Mempersiapkan lingkungan tempat pemeriksaan |
3
|
|||
D
|
Tahap Kerja | ||||
1
|
Memberi petunjuk pada klien/pasien cara melakukan tes, kemudian meminta klien/pasien untuk melakukannya |
8
|
|||
2
|
Melakukan tes mulai dari item yang paling mudah |
3
|
|||
3
|
Melakukan tes secara urut dari item yang menggunakan sedikit energi |
3
|
|||
4
|
Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan tes |
3
|
|||
5
|
Menuliskan skor pada form. Denver II setiap satu tindakan tes |
3
|
|||
6
|
Menyimpulkan hasil tes setelah menyelesaikan minimal 5 tindakan tes |
6
|
|||
E
|
Tahap Terminasi | ||||
1
|
Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan |
1
|
|||
2
|
Berpamitan dengan pasien/klien |
1
|
|||
3
|
Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula |
1
|
|||
4
|
Mencuci tangan |
1
|
|||
5
|
Mencatat kegiatan dalam lembar catatan keperawatan |
1
|
|||
TOTAL
|
50
|
0 komentar:
Posting Komentar