Jumat, 03 Februari 2012

Mengapa belajar ilmu ekonomi

Cas dan fair (1996) memberikan pandangan tentang beberapa manfaat dari studi ekonomi sebagai berikut:

a.    Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
Harta yang sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran.dengan fikiran kita mampu menganalisis, menilai benar-salah, baik-buruk dan menentukan pilihan.

b.    Membantu memahami masyarakat
Sebagai makhluk sosial, mausia tidak dapat hidup tanpa orang lain, kita tidak pernah berhenti berintraksi.menurut ilmu ekonomi intraksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar), melalui pertukaran itu manusia berupaya mengatasi kelangkaan, selanjutnya mengembangkan teknologi dan sistem kemasyarakatan.

c.    Membantu memahami masalah-masalah internasional (global)
kelangkaan yang dihadapi terjadi pada setiap tingkatan hidup, mulai dari individu, keluarga, masyarakat desa, kota, negara dan internasioal. Di tingkat internasional, interaksi antarindividu secara langsung demi kepentingan pribadi.jarang terjadi.individu-individu yang berintraksi lebih mewakili kepentingan-kepentingan kelompok (negara/perusahaan). Yang mereka lakukan  meskipun tampaknya baik bagi kelompok/negara mereka.

d.    Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi
Cita-cita terbentuknya masyarakat demokrasi bukan monopoli kaum politisi saja. Ekonom pun mempunyai cita-cita yang sama, seperti yang disampaikan oleh kenneth arrow. Ekonom memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan.

0 komentar:

Posting Komentar