Jumat, 03 Februari 2012

Masalah-Masalah Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang membahas  masalah kebutuhan ekonomi, adapun masalah-masalah ekonomi

a.    Barang apa yg harus diproduksi dan berapa banyak?
Produksi berupa barang dan jasa adalah hasil transformasi sebagai faktor produksi.barang dan jasa memberikan kegunaan/manfaat bgi konsumen. Pertanyaan barang apa yang harus diproduksi bermakna barang apa yang harus disediakan? Berapa banyak agar kesejahteraan masyarakat meningkat?

b.    Bagaimana cara memproduksinya?
setelah memutuskan barang apa saja yang harus diproduksi, pertanyaan berikut adalah, “bagaimana cara memproduksinya?” Metode dan teknologi apa yang di gunakan dalam proses produksi? Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai faktor penting dalam proses produksi. Namun manfaat teknologi tidak ditentukan oleh tingkat kecanggihan.teknologi tinggi bukan satu-satunya pilihan.sebab banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti skala produksi, kemampuan manajemen, iklim, kemampuan finansial dan sikap mental.pilihan teknologi yang digunakan sebaiknya dikaitkan dengan faktor-faktor di atas.agar teknologi yang dipilih menghasilkan tingkat efisiensi paling besar.

c.    Untuk siapa barang dan jasa diproduksi?
Pertanyaan ini berdimensi keadilan dan pemerataan. Sebab apa gunanya produksi melimpah karena menggunakan teknologi tinggi, berskala besar dan efisien, bila hanya dinikmati segelintir anggota masyarakat saja? Keputusan untuk siapa barang dan jasa diproduksi berkaitan erat dengan konsep keadilan masyarakat bersangkutan. Bagi masyarakat egaliter, keadilan berarti setiap individu memperoleh jumlah yang sama. Sedangkan masyarakat utilitarian tidak terlalu mementingkan keadilan dalam jumlah.jumlahnya silahkan berbeda, yang penting apakah sesuai dengan kebutuhan

0 komentar:

Posting Komentar