Sabtu, 04 Februari 2012

KEBIJAKAN PERUSAHAAN DAN KONSEKUENSI YANG DI TIMBULKAN

Setiap perusahaan harus menentukan kuantitas, harga, dan derajat diferensiasi produknya (tampil beda). Keputusan-keputusan tersebut saling berkaitan dengan biaya dan permintaan,artinya usaha untuk mendiferensiasikan produk membutuhkan biaya, sedangkan harga harga yang lebih tinggi menurunkan kuantitas yang diminta (Ceteris paribus). Oleh karena itu, perusahaan harus menempatkan dalam pasar dengan memilih harga,kuantitas dan derajat deferensiasi produk yang dapat memaksimalkan keuntungan mereka. Bentuk

keistimewaan diferensiasiproduk antara lain karakteristik produk, citra produk, dan karakteristik penjual.
Pemilihan karakteristik produk, citra produk dan karakteristik para penjualakan mempengaruhi letak dan slope kurva permintaannya. Deferensiasi produk yang berhasil akan menggeser kurva permintaan ke kanan atau menurunkan elastisitas harga. Iklan yang berhasil untuk suatu produk ataucitra akan menggeser kurva

permintaan ke kanan, dan perusahaan tersebutakan menghasilkan penerimaan yang lebih banyak. Kegiatan untuk defernsiasi produk juga akan memepengaruhi biaya sepertibiaya iklan. Akbiatnya kurva AC akan bergeser keatas dengan semakin tingginya tingkat persaingan yang memerlukan biaya periklanan cukup mahal. Sebaliknya kurva AC akan bergeser kebawah jika biaya periklanan yang dibutuhkan tidak begitu mahal.Ada banyak kemungkinan kurva permintaan dan kurva biaya yang tersedia begitu perusahaan yang menjual suatu produk yang dideferensiasikan. Keputusan perusahaan akanmempengaruhi kurva permintaan dan kurva biaya dalam pasar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar