Jumat, 03 Februari 2012

Faktor-faktor yang menentukan elastisitas penawaran


1. Jenis produk. Kurva penawaran produk pertanian umunya inelastis, sebab produsen tidak mampu memberikan respon yang cepat terhadap perubahan harga. Jika harga beras naik 10%, petani harus menanam dahulu dan baru 3-4 bulan kemudian dapat memanen hasil. Sementara kurva penawaran industri umumnya elastis, sebab mampu berespons cepat terhadap peruabahan harga. Bila harga tekstil meningkat, pabrik tekstil akan memperpanjang jam kerja mesin, menambah pekerja harian, atau memberikan kesempatan lembur.

2. Sifat perubahan biaya produksi
   penawaran akan bersifat inelastis bila kenaikan penawaran hanya dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi. Bila penawaran dapat ditambah dengan pengeluaran biaya tambahan yang tidak terlalu besar, penawaran akan bersifat elastis

3. Jangka waktu
  1. Elastisitas permintaan; 1) elastisitas harga, dan 2) elastisitas pendapatan.
  2. Elastisitas penawaran.
Elastisitas permintaan
1) elastisitas harga
¢  Untuk barang yang habis dipakai kurang dari 1 tahun (barang tidak tahan lama/ non durable goods, elastisitas harga lebih besar dalam jangka panjang dibanding dalam jangka pendek. Karena ada 2 penyebab:
A) konsumen membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan mereka. Contoh, bila harga kopi naik, konsumen yang biasa minum kopi hanya (lebih dari 3 gelas/hari) sulit mengubah kebiasaan itu dalam jangka pendek. Akibatnya permintaan kopi dalam jangka pendek mengalami penurunan yang relatif sedikit dibandingkan dalam jangka panjang.

B) kadang-kadang permintaan terhadap suatu barang berkaitan dengan barang lain, yang perubahannya baru terlihat dalam jangka panjang. Contoh, bila harga bbm naik, maka konsumen segera melakukan penyesuaian dengan mengurangi jam pemakian kendaraan, sehingga dalam jangkapendek elastisitas harga lebih besar. Tetapi konsumen tidak dapat mengubah jumlah stock kendaraannya, atau segera menggantikan kendaraannya dengan model yang lebih efesien dalam penggunaan bbm. Dalam dua atau tiga tahun kemudian, dengan mobil yang lebih efesien, penurunan penggunaan bbm akan lebih besar, sehingga elastisitas harga permintaan jangka panjang lebih besar daripada jangka pendek. 

¢  Untuk barang yang masa konsumsinya lebih dari 1 tahun (barang tahan lama atau durable goods). Permintaannya lebih elastis dalam jangka pendek dibanding jangka panjang. Jika harga mobil naik 10% dalam jangka pendek, permintaan terhadap mobil dapat saja turun sekitar 15%. Tetapi dalam jangka panjang, karena hanya mobil yang harus diganti (replaced), pembelian akan naik lagi, sehingga penurunan permintaan dalam jangka panjang kurang dari 15%
 
2) elastisitas pendapatan
¢  Elastisitas pendapatan dalam jangka panjang bagi barang non durable lebih besar dibanding dengan jangka pendek.
¢  Sebaliknya, barang durable, elastisitas pendapatan dalam jangka pendek lebih besar daripada jangka panjang.
Elastisitas penawaran
¢  Elastisitas pendapatan dalam jangka panjang bagi barang non durable lebih besar dibanding dengan jangka pendek.
¢  Sebaliknya, barang durable, elastisitas pendapatan dalam jangka pendek lebih besar daripada jangka panjang.
Contoh kurva penawaran dalam jangka pendek & jangka panjang besi primer dan besi daur ulang
 

 

0 komentar:

Posting Komentar