Jumat, 03 Februari 2012

Contoh Soal Ekonomi


1.      Contoh soal: apabila harga es krim naik dari $2 menjadi $2,2b dan jumlah pembelian turn dari 10 batang , maka elastisitas permintaan berapa?
Jawab:

(1o-8
           
(10+8)/2
            =          22%    
(2.00+2.00)     9,5%
                       
(2.00+2.2o0 /2
Koefisiensi sebesar 2,32 menunjukan bahwa perubahan harga sebesar 1 persen akan menumbulkan perubahan permintaan sebesar 2, 32%. Elastisitas permintaan memiliki hubungan negative, yaitu ketika harga naik permintaan akan turun.
Susi septiani: sebutkan jenis-jenis elastisitas permintaan
Jawab:
1.      Permintaan tidak elastis sampurna : elastisitas = 0. Perubahan mempengaruhi jumlah yang diminta. Dengan demikian, kurvanya berbentuk vartikal.
2.      Permintaan tidak elastis: elastis < 1.
3.      Pemintaan uniter elastis : elastisitas = 1.
4.      Permintaan elastis: elastisitas = 1.
5.      Permintaan elastis sampurna: elastis tak terhingga.


Analisisi refreksi:
Kesimpulan : dari beberapa pengertian di atas dapat disimupulkan bahwa dalam ilmu ekonomi, elastisitas adalah ukuran kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhjadap perubahan harga. Selastisitas permintaan mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga.Ketika harga sebuah barang turun, jumlah perminntaan tehadapa barang tersebut naik semakin rendah harganya, semakin banyak benda itu dibeli. Contoh: jika harga sepeda motor turun 10% dan jumlah permintaan atas motor tersebut banyak atau naik 20%, maka nilai elastisitas permintaanya adalah 2; dan barang tersebut dikelompokan sebagai barang elastis karena nilai elastisitasnya lebih dari 1.

0 komentar:

Posting Komentar