Selasa, 07 Februari 2012

Cara menanggulangi gempa bumi

Apabila ada gempa,kita sedang ada di daerah yang berketinggian,maka caranya carilah tempat yang aman dari akibat runtuhan yang mungkin terjadi,apabila anda ada di daerah yang terbuka,hindarilah tiang listrik,gedung yang tinggi atau yang akan berakibat fatal,apabila anda di daerah yang tidak bertingkat,kalau bisa cepat selamatkan diri keluar dan hindari barang-barang yang akan menimpa anda.

Poin pertama dari 12 direktif untuk menanggulangi gempa adalah segera melaksanakan evakuasi secara intensif. Langkah kedua, melaksanakan pengelolaan pengungsi. Ketiga lakukan terus pencarian orang hilang, dan pengumpulan jenazah. Keempat, buka dan hidupkan jalur logistik dan lakukan resuplay serta pendistribusian logistik yang diperlukan. Kelima, buka dan pulihkan jaringan komunikasi antar daerah atau kota.

Keenam, lakukan pembersihan kota yang hancur dan penuh puing dan lumpur. Ketujuh, lakukan pengelolahan bantuan baik dari dalam maupun luar negeri dengan sebaik-baiknya. Kedelapan, gunakan dana pemerintah untuk penanggulangan bencana dan gunakan pula dengan tepat sumbangan dana baik dari dalam maupun luar negeri. Sembilan, meskipun kegiatan di NAD berkonsentrasi pada kegiatan penanggulangan bencana alam jangan tinggalkan upaya untuk memelihara keamanan demi ketertiban masyarakat. Kesepuluh, mengingat besar jumlah korban TNI dan Polri agar dilakukan perkuatan kekuatan TNI dan Polri untuk mengemban tugas operasi bhakti maupun operasi pemeliharaan keamanan.

Ke-11 sambut dengan baik dan libatkan unsur civil society termasuk TNI, ICRC dan LSM-LSM dalam kegiatan penanggulangan bencana. Terakhir, lakukan pengendalian operasi penanggulangan bencana dengan baik dan proporsional baik.