Permintaan dan penerimaan dalam pasar persaingan sempurna
Permintaan
Tingkat
harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan
penawaran. Misalkan kita berbicara tentang pasar pakaian anak-anak, maka
harga pakaian anak-anak ditentukan oleh kekuatan permintaan dan
penawaran pakaian anak-anak seperti di gambarkan dalam diagram berikut:
•
Perusahaan secara individu harus menerima harga tersebut sebagai harga
jual. Karena jumlah output perusahaan relatif sangat kecil dibanding
output pasar, maka berapa pun yang dijual perusahaan, harga relatif
tidak berubah. Untuk itu, kurva permintaan yang dihadapi perusahaan
secara individu berbentuk garis lurus horizontal, sesuai dengan diagram
berikut:
Penerimaan
• Penerimaan total (total revenue) perusahaan sama dengan jumlah
output (q) dikali harga jual (p), karena harga telah diteapkan,
penerimaan rata-rata (average revenue) dan penerimaan marjinal (marjinal
revenue) adalah sama dengan harga. Demikian dengan kurva permintaan (d)
sama dengan kurva penerimaan rata-rata (ar) sama dengan kurva
penerimaan marjinal (mr) dan sama dengan harga (p) seperti pada diagram a
• Kurva penerimaan total berbentuk garis lurus dengan sudut
kemiringan positif, bergerak mulai dari titik (0,0), seperti ditunjukkan
oleh diagram b
C. Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek
Ada 2 syarat yang harus dipenuhi agar perusahaan berada dalam keseimbangan
1. Perusahaan sebaiknya hanya berproduksi, paling tidak, bila biaya variabel (vc) adalah sama dengan penerimaan total (tr), atau biaya variabel rata-rata (avc) sama dengan harga (p). Dalam kondisi ini perusahaan hanya menanggung kerugian biaya tetap (fc), dimana biaya ini dengan atau tanpa produksi tetap harus dikeluarkan. Tetapi jika avc lebih kecil dari harga maka perusahaan tidak mampu menutupi lagi beban biaya tetap. Kegiatan produksi hanya menambah beban, karena itu produksi sebaiknya dihentikan
2. Perusahaan memproduksi pada saat mr=mc agar perusahaan memperoleh laba maksimum, atau dalam kondisi buruk, kerugiannya minimum (minimum loss).
0 komentar:
Posting Komentar