Kamis, 19 Juli 2012

Pemeriksaan penunjang kardiomiopati kongesti atau dilatasi

Radiologi
Pada foto rontgen dada, terlihat adanya kardiomegali, terutama ventrikel kiri. Juga ditemukan adanya bendungan paru dan efusi pleura.

Elektrokardiografi
Pada pemeriksaan elektrokardiografi ditemukan sinus takikardia, aritmia atrial dan ventrikel, kelainan segmen ST dan gelombang T dan gangguan konduksi intraventrikular. Kadang-kadang ditemukan voltase QRS yang mudah, atau gelombang Q patologis, akibat fibrosis miokard.

Ekokardiografi
Pada pemeriksaan ekokardiografi terlihat ventrikel kiri membesar, disfungsi ventrikel kiri, dan kelainan pergerakan katub mitral waktu diastolic, akibat compliance dan tekanan pengisian yang abnormal.
Bila terdapat insufisiensi trikuspid, pergerakan septum menjadi paradoksal. Volume akhir diastolic dan akhir sistolik membesar dan parameter fungsi pompa ventrikel, fraksi ejeksi (EF) mengurang. Penutupan katup mitral terlambat dan panutupan katub aorta bisa terjadi lebih dini dari normal. Trombus ventrikel kiri dapat ditemukan dengan pemeriksaan 2D-ekokardiografi, juga aneurisma ventrikel kiri dapat disingkirkan dengan pemeriksaan ini.

Pemeriksaan Radionuklear
Pada pemeriksaan radionuklear tampak ventrikel kiri disertai fungsinya yang berkurang.

Sadapan Jantung
Pada sadapan jantung akan ditemukan ventrikel kiri membesar serta fungsinya berkurang, regurgitasi mitral dan atau tricuspid, curah jantung berkurang dan tekanan intraventrikular meninggi dan tekanan atrium kiri meningkat.
Bila terdapat pula gagal ventrikel kanan, tekanan akhir diastolic ventrikel kanan, atrium kanan dan desakan vena sentralis akan tinggi.Dengan angiografi ventrikel kiri dapat disingkirkan aneurisma ventrikel sebagai penyebab gagal jatung.

0 komentar:

Posting Komentar