Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Senin, 10 Maret 2014

Konsep geografi berdasarkan lokasi

Geografi juga identik dengan istilah lokasi, tentu kita sering menyebut istilah ini dalam kehidupan sehari hari. Mungkin juga kita membayangkan konsep geografi ini seperti membayangkan “Dimana sih lokasi negara yunani”. Penjelasan yang tepat untuk menunjukkan wilayah ini adalah dengan konsep lokasi. Konsep ini dibagi menjadi dua bagian yaitu lokasi relatif dan lokasi absolut.

Lokasi Relatif : suatu daerah, tempat, atau lokasi ditentukan oleh tempat atau lokasi lain disekitarnya, dengan demikian konsep lokasi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan daerah atau lokasi yang dijadikan patokan

  • Contoh : Contoh Lokasi Relatif yaitu Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera. Kondisi Indonesia dalam hal ini dapat ditentukan dari sudut pandang benua serta dari samudera. Hal ini menyebabkan lokasi Indonesia relatif dapat berubah sesuai sudut pandang serta lokasi yang di jadikan patokannya.
Lokasi Absolut : Lokasi suatu daerah yang ditentukan oleh garis astronomis yaitu garis lintang dan garis bujur. Lokasi ini merupakan lokasi patokan tetap yang mana berpatokan pada garis astronomis bumi.
  • Contoh : Cina terletak antara 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT.