Sabtu, 02 November 2013

Enzim pencernaan dan manfaatnya

Masing-masing enzim tersebut memiliki peranannya masing-masing. Apa saja? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

  • Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut dan kemudian berakhir di usus. Masing-masing wilayah ini memiliki enzim yang berbeda. Berikut informasi detilnya:
  • Mulut, kelenjar ludah/saliva: terdapat enzim bernama amylase atau dikenal juga dengan nama ptialin. Ia berperan dalam memecah zat pati dan menjadikannya maltosa.
  • Lambung (kelenjar lambung): enzim yang ada pada organ ini bernama renin. Ia berperan dalam memecah kaseinogen menjadi kasein. Selain enzim pencernaan renin, terdapat pula enzim lainnya bernama pepsin. Ia berperan dalam mengubah protein menjadi senyawa protesa, pepton dan juga polipeptida.
  • Organ pankereas (saluran pancreas) : pada organ ini terdapat enzim karbohidrase pancreas. Ia berperan dalam mencerna amilum dan merubahnya menjadi maltosa atau jenis senyawa disakarida lainnya. Enzim lain yang ada pada pankreas adalah enzim lipase pankreas. Ia berperan dalam memecah emulsi lemak menjadi asam lemak dan juga gliserol.
  • Usus (kelenjar usus): pada organ yang satu ini sedikitnya dijumpai 6 enzim pencernaan. Pertama, enzim enteroksinase atau dikenal juga dengan nama enzim khusus. Ia berperan dalam mengubah tripsinogen menjadi senyawa tripsin yang kemudian diunakan di dalam saluran pankreas kita. Kedua, enzim maltase yang berperan mengubah laktosa menjadi senyawa glukosa dan juga galaktosa. Ketiga, enzim sukrase yang berperan mengubah sukrosa menjadi senyawa glukosa dan juga fruktosa. Selanjutnya ada enzim pencernaan peptidase yang berperan mengubah polipeptida menjadi senyawa asam amino. Enzim terakhir yang dijumpai di usus adalah enzim lipase. Ia berperan dalam mengubah lemak menjadi senyawa asam lemak dan juga gliserol.

0 komentar:

Posting Komentar