Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Senin, 15 Juli 2013

Digesti atau proses pencernaan

Digesti atau proses pencernaan makanan ialah suatu proses yang terjadi dalam traktus digetivus yang ditujukan terhadap makanan sejak mulai masuk mulut samapai keluar lagi setelah mengalami absorbsi secara mekanis dan khemis.

Kita ketahui bahwa sistem gastro-intestinal ialah sebagai pintu masuknya makana, vitamin, mineral, dan cairan ke dalam tubuh. Karbohidrat, lemak dan protein dipecah menjadi zat yang dapat diabsorbsi terutama oleh usus halus. Hasil-hasil digesti, vitamin, mineral dan cairan kemudian masuk ke dalam darah dan limfe melalui mukosa-mukosa dari lambung dan usus halus; proses ini disebut absorbsi.

Digesti terhadap makanan ini suatu proses yang teratur, yang untuk bekerjanya dibantu oleh sejumlah enzim digesti. Enzim-enzim ini terdapat dalam : saliva, sekret lambung, ekskrit pankreas dan sukus enterikus (sekrit dari kelenjar-kelenjar dalam mukosa usus).

Pekerjaan dari enzim ini dibantu oleh HCl (asam) lambung dan empedu dari hati (hepar). Zat-zat yang berasal dari lumen usus masuk sirkulasi dengan cara difusi dan trasport aktif. Dalam proses ini anatara lain pinositosis.

Proses difusi tadi tergantung akan perbedaan kadar zat dalam lumen dan dimukosa. Dari mukosa zat makanan masuk darah/limfe keseluruh tubuh atau hepar.