Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Senin, 27 Mei 2013

Pengertian tablet sublingual

Tablet sublingual  atau bukal yaitu tablet yang disisipkan di pipi dan dibawah lidah. Biasanya berbentuk datar, tablet oral yang direncakan larut dalam kantung pipi atau dibawah lidah untuk diabsorbsi melalui mukosa oral, gunanya untuk penyerapan obat yang dirusak oleh cairan lambung dan atau sedikit diabsorbsi oleh saluran pencernaan, Tablet untuk disisipkan pada pipi agar hancur dan melarut perlahan sedan yang digunakan melalui bawah lidah akan melarutkan segera untuk memberikan efek obat dengan cepat (Ansel, 1985).

Obat-obatan yang diberikan dengan cara ini dimaksudkan agar memberikan efek sistemik dan karena itu harus dapat diserap dengan baik oleh selaput lendir mulut. Obat yang diserap dari selaput lendir masuk ke aliran darah, selanjutnya masuk ke aliran darah umum. Keuntungan :

  • menghindari penguraian obat di lambung,
  • efek lebih cepat daripada obat yang ditelan,
  • first pass efek metabolism dapat dihindari
  • menghidari rasa mual akibat menelan obat
Tablet bukal dan sublingual hendaknya diracik dengan bahan pengisi yang lunak, yang tidak merangsang keluarnya air liur, hal ini mengurangi bagian obat yang tertelan dan lolos dari penyerapan oleh sepaut lendir mulut dan juga kedua tablet ini juga dirancang untuk tidak peah, tapi larut secara lambat biasanya dalam jangka waktu 15-30 menit agar penyerapan beralangsung baik (Lachman dkk., 1989).