Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Rabu, 01 Mei 2013

Keanekaragaman makhluk hidup indonesia

Indonesia terletak di daerah tropik, di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, wilayahnya terbentang dari Sumatera sampai dengan Papua. Dengan demikian terbentuk banyak ekosistem yang dihuni oleh banyak spesies.

Indonesia memiliki beberapa tipe keanekaragaman fauna, yaitu tipe oriental, Australian, dan peralihannya. Tipe oriental terdapat di Indonesia bagian Barat, termasuk Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Di wilayah ini terdapat spesies mamalia berukuran besar, misalnya gajah, banteng, harimau, dan badak. Terdapat berbagai jenis primata, misalnya monyet, kera, orang utan, dan tarsius.

Tipe Australian terdapat di Indonesia bagian Timur, termasuk Maluku dan Papua. Mamalia di wilayah ini bertubuh kecil. Terdapat hewan berkantong, misalnya kanguru dan kuskus. Terdapat burung berbulu indah, misalnya cendrawasih dan betet.

Tipe peralihan meliputi daerah Sulawesi, Lombok, Nusa Tenggara. Disebut daerah peralihan karena hewan-hewan yang ada merupakan peralihan antara tipe oriental dan Australian, misalnya maleo, anoa, tarsius, dan babi rusa.