Order yuk pie susu khas balinya enak lezat dan halal Sms / call : 087 863 018 641 BBM : 544D9802

Jumat, 26 April 2013

Satuan dalam ekosistem

Semua makhluk hidup melangsungkan kehidupannya di dalam lingkungan hidupnya. Lingkungan hidup dari makhluk hidup pada prinsipnya terdiri atas dua komponen, yaitu komponen biotik dan abiotik. Satuan makhluk hidup dalam suatu tempat hidup adalah individu, populasi, komunitas, dan biosfer.

  • Individu
    Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal. Misalnya satu ekor angsa disebut individu. Sebatang pohon kelapa disebut juga individu.
  • Populasi
    Populasi adalah kumpulan individu sejenis di tempat kehidupannya (habitat). Kalian perhatikan kolam pemeliharaan ikan sebagai suatu ekosistem air tawar, akan dapat dijumpai ikan dalam jumlah banyak. Ikan yang jumlahnya lebih dari satu ekor itu disebut populasi ikan.
  • Komunitas
    Komunitas adalah kumpulan dari macam-macam populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu. Dalam suatu ekosistem air tawar,
    misalnya dalam kolam, terdapat populasi ikan gurami, populasi eceng gondok, dan populasi semanggi. Beberapa jenis populasi berbeda yang hidup di kolam tersebut merupakan komunitas kolam.
  • Ekosistem
    Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi atau membentuk hubungan timbal balik. Dalam suatu habitat atau tempat berjenis-jenis makhluk hidup (komunitas) melangsungkan kehidupannya, komunitas ini tidak dapat terlepas dari pengaruh lingkungan abiotik di sekitarnya, seperti dengan tanah, air, udara, dan sinar matahari. Di antara anggota komunitas dengan lingkungan abiotik tersebut terjadi interaksi atau hubungan yang saling mempengaruhi, membentuk suatu sistem ekologi yang disebut ekosistem, contohnya ekosistem sungai, kebun, dan pantai.
  • Biosfer
    Komunitas-komunitas di bumi kita berinteraksi dengan lingkungan hidupnya akan membentuk ekosistem-ekosistem. Akuarium adalah suatu ekosistem yang berukuran kecil, sedangkan hutan dan lautan merupakan ekosistem yang berukuran besar. Seluruh ekosistem di permukaan bumi kita ini membentuk biosfer.