Kamis, 26 Juli 2012

Cara pemberian obat secara parenteral

Pemberian obat melalui parenteral berarti pemberian obat melalui injeksi atau infuse.  Dapat diberikan secara intradermal (ID), subkutaneus (SC), intramuscular (IM) atau jaringan intralesional, intravena (IV) /  sirkulasi intra-arterial, intraspinal atau melalui ruang intra-artikular.
Obat yang diberikan secara parenteral akan diabsorbsi lebih banyak dan bereaksi lebih cepat daripada obat yang diberikan secara topical atao oral.

Pemberian obat parenteral dapat menyebabkan resiko infeksi bila perawat tidak memperhatikan dan melakukan tehnik aseptic dan antiseptic pada saat pemberian obat.Karena pada pemberian parenteral, obat diinjeksikan melalui kulit, menembus sistem pertahanan kulit. Komplikasi yang sering terjadi adalah bila pH, osmolalitas dan kepekatan cairan obat yang di ijeksikan tidak sesuai dengan kondisi tempat penusukkan,serta dapat mengakibatkan merusakan jaringan sekitar tempat insersi / injeksi. Peralatan yang khusus diperlukan untuk menunjang pemberian obat parenteral, sehingga membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan pemberian obat dengan cara yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar