Senin, 11 Juni 2012

Jenis jenis Waham

Waham dapat diklasifikasikan menjadi delapan macam :

  1. Waham agama keyakinan klien terhadap suatu agama secara berlebihan,  diungkapakan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  2. Waham kebesaran klien yakin bahwa ia memiliki kebesaran dan kekuasaan khusus, diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  3. Waham somatik klien yakin bahwa tubuh atau bagian tubuhnya terganggu atau terserang penyakit, diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  4. Waham curiga klien yakin bahwa seseorang atau kelompok yang berusaha  merugikan atau mencederai dirinya, diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  5. Waham nihilistik klien yakin bahwa dirinya sudah tidak ada lagi/meninggal,  diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  6. Waham sisip pikir klien yakin bahwa ad aide atau pikiran orang lain yang disisipkan kedalam pikirannya, diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  7. Waham siar pikir klien yakin orang lain mengetahui apa yang dia pikirkan walaupun tidak dinyatakannya kepada orang tersebut , diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.
  8. Waham kontrol pikir klien yakin pikirannya dikontrol oleh kekuatan dari luar, , diucapkan berulang kali tetapi tidak sesuai kenyataan.

0 komentar:

Posting Komentar