PROSES MENYELEKSI RANGSANGAN
Setelah diterima, rangsangan atau data diseleksi. Dua faktor menentukan seleksi rangsangan itu, yaitu faktor intern dan faktor ekstern (Sobur, 2009).
1). Faktor internal
a). Kebutuhan psikologis
Kebutuhan psikologis seseorang mempengaruhi persepsinya.
b). Latar belakang
Latar belakang mempengaruhi hal-hal yang dipilih dalam persepsinya.
c). Pengalaman
Pengalaman mempersiapkan seseorang untuk mencari orang-orang, hal-hal, dan gejala yang mungkin serupa dengan pengalaman pribadinya.
d). Kepribadian
Kepribadian mempengaruhi persepsi, seseorang yang intovert mungkin akan tertarik kepada orang-orang yang sama sekali berbeda.
e). Sikap dan kepercayaan umum
Sikap dan kepercayaan umum juga mempengaruhi persepsi.
f). Penerimaan diri
Penerimaan diri merupakan sifat penting yang mempengaruhi persepsi. Beberapa telah menunjukkan bahwa mereka yang lebih ikhlas menerima kenyataan diri akan lebih tepat menyerap sesuatu daripada mereka yang kurang ikhlas menerima realitas dirinya.
2). Faktor eksternal
Beberapa faktor yang dianggap penting pengaruhnya terhadap seleksi rangsangan ialah:
a). Intesitas
Pada umumnya rangsangan yang lebih intensif mendapatkan lebih banyak tanggapan daripada rangsangan yang kurang intens.
b). Ukuran
Pada umumnya benda-benda yang lebih besar lebih menarik perhatiannya.
c). Kontras
Hal lain yang biasa kita lihat akan cepat menarik perhatian.
d). Gerakan
Hal-hal yang bergerak lebih menarik perhatian dari pada hal-hal yang diam.
e). Ulangan
Hal-hal yang berulang dapat menarik perhatian. Ulangan mempunyai nilai yang menarik perhatian selama digunakan dengan hati-hati.
f). Keakraban
Hal-hal yang akrab atau dikenal lebih menarik perhatian. Hal ini terutama jika hal tertentu tidak diharapkan dalam rangka tertentu.
g). Sesuatu yang baru bertentangan dengan faktor keakraban, akan tetapi hal-hal baru juga menarik perhatian
Faktor ini. Jika orang sudah biasa dengan kerangka yang sudah dikenal, sesuatu yang baru menarik
perhatian.
0 komentar:
Posting Komentar