Minggu, 01 April 2012

Pengertian Pertumbuhan janin

Pertumbuhan janin itu sendiri adalah perkembangan janin atau pertambahan struktur-struktur organ tubuh janin dari yang tidak ada menjadi ada dan lebih sempurna sesuai dengan tahapan-tahapan umur janin tersebut.

Pranatal atau perkembangan di dalam rahim berlangsung sekitar 9 bulan hitungan kalender matahari (10 bulan kalender bulan) atau 38 – 40 minggu, bergantung metode penghitungan yang digunakan.(Hitungan kalender bulan adalah 28 hari). Jika dihitung dari hari terjadinya konsepsi, tahapan kehidupan ini berlangsung selama 38 minggu atau 9,5 bulan kalender bulan. Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir, rata-rata lama masa pranatal adalah 10 bulan kalender bulan atau 40 minggu.

Biasanya, masa kehamilan dibagi ke dalam 3 periode yang disebut trimester, masing-masing trimester berlangsung selama 3 bulan.Setiap trimester memiliki tanda-tanda tertentu yang menandai perubahan perkembangan pada ibu dan janin.Dua fase perkembangan dalam rahim juga berdasarkan penghitungan trimester.Fase embrionik di trimester pertama dan fase janin trimester kedua dan ketiga.

Fase Embrionik
Merupakan periode perkembangan ovum yang telah dibuahi menjadi organisme yang memiliki sebagian besar bentuk manusia. Periode ini meliputi 8 minggu usia kehamilan.

Dalam 3 minggu pertama kehidupan, jaringan embrio berdiferensiasi menjadi 3 lapisan:
1.      ektoderm (lapisan luar)àtBntuk pd mnggu k2. melapisi cavitas amniotica. Ektoderma ini merupakan lapisan tunggal dari sel2 yg bTnggung jwb ats pTumbuhn rmbut, kulit, kuku, jaringn sraf, yg mLiputi pula alat indra (organ sensorik), klnjar ludah, cavitas nasi, bgian bwh canalis analis, tractus genitalis, dan glandula mammae, otak dan tulang belakang.
2.      mesoderm (lapisan tengah)àtBntuk pd mnggu k3. tLetak dSkliling cakram embrio. pKmbnn lnjutan dari msoderm ini akan mnghsilkn sstem sirkulasi n limfatik, tulang,otot, gnjal, ureter, organ gnitalia, n jringn subkutan pd kulit.  Dng krja yg srupa dg amuba sel tunggal yg sdang mngmbil mknan, mk cvitas amniotik dptmngubah bntukY agr dpt mnglilingi saccum vitellinus n msoderm, n mnarik kdua jringan tsb mmasuki cvitas amniotica.
3.      Endoderm àtBntuk pd mnggu k 2. mlapisi saccum vitellinus n  bKmbang mBntuk jantung , saccum digestivus, hepar, pankreas, larings, trakea, paru, vesica urinaria, n urethra.
Krena cvitas amniotik n saccum vitellinus bDmpingn, mk sbgian ektoderm dr cvitas amniotica tLtak bSinggungan dg sbian endoderm saccum vitellinus.

Tiga peristiwa lain yang terjadi selama tiga minggu pertama kehamilan:

1.    Embrio tertanam di endometrium uterus.
2.    Membran janin berdiferensiasi menjadi korion, bakal plasenta dan amnion, serta bakal kantung amnion.
3.    Plasenta mulai berfungsi. Plasenta merupakan organ datar berbentuk pipih dan memiliki banyak sistem sirkulasi darah.Normalnya, plasenta terbentuk di segmen atas endometrium uterus (lapisan dalam rahim).

0 komentar:

Posting Komentar