Senin, 16 April 2012

Jenis hutan yang berada di biome daerah iklim sedang

Jenis hutan yang berada di biome daerah iklim sedang sebagai berikut.
1) Hutan Peluruh (Meranggas)
Hutan ini memiliki ciri daun lebar, hijau pada musim panas, rontok selama musim dingin, dan tajuknya rapat. Tumbuhan utamanya, antara lain pohon berangan, pohon bek, basswood, dan terna berbunga. Satwanya meliput tikus, bajing kelabu, bajing, rubah, rakun, oposum, cerurut ekor pendek, tikus kaki putih, rusa ekor putih, rubah merah, beruang hitam, dan burung pecikrak.

Persebaran hutan peluruh terutama di bagian timur Amerika Serikat, yaitu dari sabuk iklim sedang ke utara menuju danau-danau besar dan bagian paling utara Teluk St. Lawrence dan ke barat melampaui Sungai Mississippi. Kemudian, di daerah bagian barat Eropa yang meluas ke timur ke Pegunungan Ural, dan terdapat juga di bagian utara Jepang dan di bagian daratan Asia. Adapun di belahan bumi selatan tersebar di bagian-bagian daerah Patagonia. Chili Selatan, dan Tierra del Fuego.

2) Hutan Pohon Jarum di Bagian Utara
Hutan ini disebut dengan taiga, hutan boreal, hutan runjung atau hutan subarktik. Dominasi hutan ini umumnya picea, pinus, abies, tusam (hemlock), balsam, dan konifera lainnya. Pohon-pohon tersebut sering disertai dengan pohon-pohon berdaun lebar yang meranggas, seperti betula dan populus.

3) Hutan Hujan Iklim Sedang yang Hangat
Hutan ini terdapat di bagian Selatan Amerika Serikat yang berbatasan dengan pantai utara Laut Karabia. Jepang Selatan, Korea, Afrika Selatan, Selandia Baru dan Australia.

4) Hutan Berdaun Keras Regas (Berdaun Kaku)
Hutan ini tumbuh di daerah-daerah yang memiliki musim panas yang bersuhu agak tinggi dan kering bergiliran dengan musim yang sejuk. Pohon-pohon berdaun kaku umumnya cenderung hijau dan memiliki daun-daun kecil, keras, dan tebal seperti belulang (Sklerofil). Cirinya agak kerdil, rendah dengan batang berbenjol-benjol berdiri, dan memiliki tajuk yang membulat atau datar. Di daerah sekitar Laut Tengah dan sebelah selatan Laut Hitam didominasi oleh jenis pohon pasang gabus (Quercus suber), dan berbagai jenis pinus, seperti pinus Allepo dan pinus batu. Adapun komunitas semak-semak Chaparral terdapat di bagian barat California dan sekitarnya.

5) Semak Belukar dan Padang Rumput Daerah Iklim Sedang
Di daerah iklim sedang yang relatif curah hujannya kurang, berkembang padang belukar dan padang rumput, di antaranya sebagai berikut
(a) Prairi di bagian tengah dan barat Amerika Utara, yang terhampar mulai dari Kanada ke selatan sampai Meksiko. Dominasi prairi adalah padang rumput yang terjalin dengan sejumlah semak dan perdu yang berbunga dalam waktu yang tidak bersamaan.
(b) Step, di Rusia, membentang dari Eropa Timur sampai Asia Timur
(c) Pampa dan stepa di Argentina dan di Amerika Selatan lainnya.
(d) Padang rumput dan sabana di Afiika Selatan dan bagian selatan Australia. Satwa utama antara lain binatang herbivora, seperti bison, antelop tanduk ceranggah, kelinci bagal, marmot tanah, Gazelle (rusa), keledai liar. anjing hutan, rubah, ular derik, dan ayam prairi.

6) Vegetasi Gurun Daerah Iklim Sedang
Pada daerah dengan kondisi yang sangat kurang tingkat curah hujannya (12-15 cm/tahun), hanya ditumbuhi semak belukar xerofit dan rerumputan. Keadaan iklim yang kering tercermin dari bentuk semak yang kerdil, berwarna abu-abu, cabangnya rendah, berduri dan bengkak-bengkak.

Tumbuhannya,antara Lain kaktus, saguaro, pohon joshua, semak soga kerdil semak berduri, dan rumput-rumputan. Binatangnya, antara lain kelinci ekor panjang, tikus kaktus, bajing, jerboa, tikus rumput, marmot, elang, burung hantu, dan alap-alap.