Jumat, 03 Februari 2012

Pengertian barang ekonomi (economic good)

barang ekonomi (economic good) adalah barang yang mempunyai kegunaan dan langlah, yaitu jumlah yag tersedia lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu barang ekonomi mempunyai harga.dalam terminologi ekonomi, kita menggunakan istilah langkah, bukan sedikit, sebab perkataan sedikit itu relatif. Jumlah 100 dapat kita katakan  banyak, karena yang dibutuhkan hanya 40,

sementara itu jumlah 100.000 termasuk sedikit bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat sebanyak 250.000. Produksi barang ekonomi membutuhkan sumber daya ekonomi yang terbatas jumlahnya, oleh karena itu tidak dapat diperoleh atau diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas.


Dengan demikian, baramg ekonomi adalah barang yang terbatas jumlahnya (langkah) dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.Sedangkan barang bebas (free good), yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Oleh karena itu barang bebas tidak mempunyai “harga”.udara, sinar matahari, air di daerah pedesaan, dan air laut di daerah pantai adalah contoh barang bebas.

dengan demikian barang bebas adalah barang yag tersedia dalam jumlah melimpah (tidak langka) dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.
Namun demikian, barag bebas dapat menjadi barang ekonomi karena perbedaan tempat atau waktu.

0 komentar:

Posting Komentar