Senin, 06 Februari 2012

Macam macam kebijakan moneter

Politik diskonto
Salah satu kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk menambah dan mengurangi jumlah uang yang dilakuakn oleh bank sentral untuk menambah dan mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank.

B. Politik pasar terbuka (open market policy)
Salah satu kebijakan politik yang dilakukan oleh bank sentarl untuk menambah / mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual atau membali surat-surat berharga.

C. Kebijakan cadangan kas (cash policy)
Kebijakan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan / menurunkan cadangan minimum yang harus dipenuhi oleh bank-bank umum dalam rangka mengedarkan / memberikan kredit kepada masyarakat.

D. Kebijakan kredit selektif
Kebijakan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat dengan cara menentukan syarat-syarat kredit ketat yang dikenal dengan 5c (character, collateral, capital, capacity, condition of economy).

E. Kebijakan sanering
Kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral dengan cara pengguntingan (pemotongan) nilai nominal uang.

F. Kebijakan devaluasi dan revaluasi
Devaluasi ialah kebijakan bank sentral untuk menurunkan nilairupiah terhadap nilai mata uang asing.sedangkan revaluasi ialah kebijakan bank sentral untuk menaikkan kembali nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang asing dengan tujuan utama yaitu untuk memperbaiki neraca perdagangan internasional. Dan diharapkan harga barang ekspor indonesia akan menjadi murah di luar negeri sehingga nilai ekspor indonesia meningkat & neraca perdagangan menjadi surplus